Anis (2010) Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi sakolah standar nasional (SSN ) (Studi multisitus di SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang ) / Anis Isrofin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Isrofin Anis. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Sekolah Standar Nasional (SSN) di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 10 Kota Malang Studi Multisitus di SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah implementasi sekolah standar nasional (SSN) Salah satu implementasi dari PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) pemerintah berkepentingan untuk melakukan pemetaan sekolah dengan melakukan pengkategorian sekolah khususnya di SMA berdasarkan tingkat terpenuhinya SNP. Direktorat Pembinaan SMA melakukan penyelenggaraan SSN dua di antaranya adalah SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 10 Kota Malang untuk mengembangkan konsep sekolah kategori mandiri dengan satuan kredit semester untuk SMA. Penelitian ini difokuskan pada (1) ciri-ciri kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi SSN (2) strategi kepemimpinan kepala SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang dalam implementasi SSN (3) faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi SSN (4) faktor-faktor resistensi/kendala dalam implementasi SSN di SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang (5) upaya kepala sekolah dalam memberdayakan faktor-faktor pendukung dalam implementasi SSN dan (6) upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi kendala dalam implementasi SSN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMAN 1 Malang dan SMAN 10 kota Malang sebagai sekolah berprestasi dengan rancangan penelitian multisitus pada metode komparatif konstan dan analisa induktif untuk menemukan makna dari fenomena pada latar penelitian. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling internal sampling time sampling dan teknik bola salju (snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang yang didalamnya melibatkan kegiatan reduksi data sajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs guna menyusun konsep temuan lapangan. Kredibilitas data dicek dengan triangulasi sumber triangulasi metode member chek diskusi teman sejawat dan kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas diperoleh melalui pengauditan oleh dosen pembimbing. Temuan penelitian ini adalah Pertama kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi SSN mempunyai karakteristik yang sama dengan kepemimpinan transformasional dengan tipologi the value-based juggler yaitu mampu mempengaruhi komponen sekolah dalam proses perbaikan sekolah dengan tetap berorientasi pada kemajuan belajar siswa. Kepala sekolah mengkomunikasikan visi pribadi dan visi sekolah kepada orang tua masyarakat dan pemerintah. Kepala sekolah mempunyai nilai kepemimpinan yang menjadi landasan berfikir dan bertindak dalam memimpin sekolah yaitu (1) disiplin dalam bekerja (2) bersikap demokratis (3) bertanggung jawab (4) inovatif dan (5) jujur dan terbuka. Kepala sekolah juga mempunyai hubungan sosial yang terjalin baik dengan warga sekolah antara lain (1) kesejawatan (2) keteladanan (3) penghargaan terhadap prestasi guru dan siswa dan (4) kekeluargaan dan kesejahteraan. Kedua strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam implementasi SSN adalah (1) membentuk teamwork yang kuat (2) menjalin kerjasama dengan Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang dalam pelatihan pembelajaran inovatif (3) meningkatkan mutu sumberdaya guru melalui kursus bahasa Inggris atau diklat kompetensi Guru (4) siswa kelas X wajib mengikuti pembelajaran 5 bahasa asing selain bahasa Inggris yaitu bahasa Jerman Perancis Jepang Mandarin dan bahasa Arab (5) peningkatan sarana ICT untuk siswa guru dan karyawan dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam bidang IT (6) pembelajaran dirancang dengan sistem moving class (7) peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan (8) memberikan reward/penghargaan pada guru dan siswa yang berprestasi dan (9) mendorong serta memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan potensinya baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler Ketiga faktor-faktor pendukung dalam implementasi SSN antara lain (1) faktor tenaga pendidik dan kependidikan (2) faktor sarana prasarana (3) faktor keadaan siswa (4) lingkungan dan aktifitas sekolah (5) dan faktor kerjasama /kemitraan. Keempat faktor kendala dalam implementasi SSN antara lain (1) belum semua guru menguasai ICT (2) lahan sekolah yang kurang luas di SMAN 1 Malang (3) kurangnya tenaga pelatih dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kelima Upaya kepala sekolah dalam memberdayakan faktor pendukung dalam implementasi SSN yakni dengan mengoptimalisasi faktor-faktor pendukung secara intensif yang meliputi (1) faktor pendidik dan tenaga kependidikan (2) faktor sarana prasarana (3) faktor keadaan siswa (4) faktor aktivitas sekolah dan (5) faktor kerjasama/kemitraan. Dari hasil penelitian ini disarankan (1) bagi penyelenggara pendidikan penelitian ini memberikan gambaran SSN beserta kegiatan aktif dari para guru dan siswa sehingga dapat dijadikan model dalam pengelolaan SSN (2) Bagi kepala SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang disarankan meningkatkan status SSN menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (3) bagi kepala sekolah lain kepemimpinan kepala sekolah pada SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang dapat dijadikan model kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi SSN dan (4) bagi pemerintah dijadikan pedoman pelaksnaan SSN sesuai dengan amanah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57755 |
Actions (login required)
View Item |