Ainii (2010) Manajemen pembelajaran sekolah unggulan (studi multi-kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Malang) / Ainii Firdaus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 (MIN Malang 2) adalah salah satu madrasah Negeri unggulan di Malang selain MIN Malang 1 dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Malang (MI Al-Huda Malang) merupakan salah satu madrasah swasta unggulan di Malang yang memiliki orientasi sebagai central for excellence. Hal ini salah satunya dapat dilihat melalui prestasinya baik siswa maupun lembaga. Fokus dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana bentuk manajemen pembelajaran di MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang dan (2) upaya apa yang dilakukan guru dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran di MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan bentuk manajemen pembelajaran yang diterapkan di MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang dan (2) untuk menjelaskan tentang upaya yang dilakukan guru dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran di MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipatif dan (3) studi dokumen. Informan diambil dari teknik purposive sampling dipadukan dengan snowball sampling. Wujud data adalah kata-kata catatan laporan dan dokumen yang diperoleh dari kepala sekolah wakil kepala sekolah guru dan siswa MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan teknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat serta menggunakan referensi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa bentuk manajemen pembelajaran MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang diantara meliputi (1) Perencanaan yang di dasarkan pada (a) prinsip amanah dan prinsip ingin melayani anak didik (b) hasil evaluasi pembelajaran sebelumnya (b) penentuan target dan program ke depan (2) Pengelolaan guru yang diarahkan kepada peningkatan kompetensi dan profesionalismenya berupa (a) seleksi guru plus secara ketat (b) pengadaan dan pengikut sertakan guru dalam pelatihan baik yang bersifat lokal maupun nasional (c) pemberian status dan jenjang karir yang jelas dengan komitmen ruhul jihad dan (d) peningkatan pelaksanaan kelompok kerja guru (KKG) (3) Pengelolaan siswa melalui (a) seleksi siswa secara ketat (b) pengelompokan secara heterogen-klasikal (c) pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan dan aspek psikologis (d) pembinaan belajar dan ibadah siswa melalui (i) shalat berjama ah (ii) belajar membaca Al Qur an (iii) sinau wisata/studi ekskursi (iv) Great Dream Motivation Training (GDMT) dan CLE (Children Leadership Education) latihan kepemimpinan (4) Pengelolaan pembelajaran berupa (a) penyambutan guru kepada para siswa saat datang ke sekolah (b) pelaksanaan pra-pembelajaran dan (c) pelaksanaan proses pembelajaran (5) Pengelolaan metode berupa pemilihan metode Quantum Teaching and Learning serta kolaborasi berbagai motode pembelajaran modern (6) Pengelolaan materi dilakukan dengan bentuk pengembangan materi sumber belajar (7) Pengelolaan media berupa pengadaan mesin teaching dan kreativitas guru (8) Pengelolaan lingkungan belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang meliputi (a) kebersihan dan keindahan (b) penataan bangku (tempat duduk siswa dan (c) pemajangan hasil karya siswa dan (9) Evaluasi dalam bentuk supervisi self assessment dan evaluasi hasil belajar siswa (formatif dan sumatif). Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran di MIN Malang 2 dan MI Al-Huda Malang teraktualisasi dalam bentuk (1) persiapan guru sebelum mengajar (2) hubungan harmonis antara guru dan siswa (3) motivasi belajar pada anak berupa (a) komunikasi antara guru dan orang tua/wali siswa (b) pemberian reward and punishment (c) pendekatan emosional anak (4) peningkatan prestasi belajar anak berupa (a) pembinaan siswa secara intensif (b) pembelajaran siswa secara individu (c) penggunaan metode problem solving (d) home visit dan (e) pembiasaan diri anak dalam beribadah dan bersikap dan (5) evaluasi pembelajaran berupa (a) pengamatan (b) metode proyek (c) tes lisan tulis dan praktik dan (d) spontanitas atau mencongak . Dari penelitian dapat dimunculkan sebuah tesis dalam hubungannya dengan manajemen pembelajaran pada madrasah unggulan bahwa untuk membentuk pembelajaran yang unggul di Madrasah Ibtidaiyah harus menerapkan manajemen pembelajaran modern-religius sehingga dapat menjadi central for excellence.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57745 |
Actions (login required)
View Item |