Manajemen konflik antar individu di SDN 01 Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun / Wahyu Endhy - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen konflik antar individu di SDN 01 Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun / Wahyu Endhy

Endhy, Wahyu (2015) Manajemen konflik antar individu di SDN 01 Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun / Wahyu Endhy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Endhy Wahyu. 2015. ManajamenKonflik Antar Individu di SDN 01 Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci manajemen konflik antar individu. Sebagaisebuahinstitusi sekolahmenjadikomunitas yang komplekskarenasekolahdihuniolehberbagaielemenantara lain kepalasekolah para guru karyawandansiswa. Kompleksitaskomunitassekolahmembutuhkanorganisasi yang baikdalamrangkamelakukanperencanaan pengelolaan pelaksanaandanevaluasiuntukmencapaitujuanpendidikan. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui manajemen konflik antar individu 2). Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen konflik antar individu 3). Untuk mengetahui evaluasi manajemen konflik antar individu di SDN 01 Kwangsen. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif. Jenispenelitianini adalah deskriptifkualitatifyang dimaksudkanuntukmenerangkan menggambarkan danmelukiskansuatufenomena yang adauntukmemecahkansuatumasalah. Penelitiberusahaberada di antarasubyekpenelitian. Kepentingantersebutberkaitandenganupayapenelitiuntukmemperolehsejumlah data atauinformasisecaralangsungdaritanganpertamahinggadiperolehhasil-hasilpenelitian yang mendalamdanbenar-benarsesuaidengankegiatansubyekpenelitiandansesuaidenganruanglingkuppermasalahanpenelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Kwangsen Jiwan Madiun. Hasil Penelitian dalam proses perencanaan di SDN 01 Kwangsen kegiatan yang dilakukan adalah menganalisa lingkungan interaksi sekolah dan merencanakan teknik dan strategi dalam penyelesaian konflik antar individu. Dalam proses pelaksanaan ditemukan beberapajeniskonflikantara Kepala Sekolah dengan Guru dan Guru dengan Guru di SDN 01 Kwangsenyaitu 1). Dari segisituasipertentangan 2). Dari segiposisiindividu yang terlibat 3). Dari segisifatdanperilaku yang berkonflik. Sedangkan subernya berasal dari kesalahpahaman karakter individu beban tugas yang tidak seimbang. Adapun teknik yang digunakan dalam penyelesaian konflik adalah 1)problem solving (pemecahanmasalah) 2)superordinate goal(penggunaantujuan yang lebihtinggi) 3) expansion of resources (ekspansisumberdaya) 4)avoidance (penghindaran) 5)smoothing(pelancaran/tindakanmeratakan) 6)authoritative command(penggunaankekuasaan) 7)third party mediation (mediasipihakketiga) dan 8)compromise (Kompromi). Dalam evaluasi yang dilakukan adalah dengan menganalisa dampak konflik dan menentukan strategi penyelesaianya yaitu dengan penghindaran mencari titik temu kompromi mediasi dan penggunaan kekuasaan. Adapun saran yang dikemukakanadalah 1) seyogyanyadinas pendidikan membekali kepala sekolah dan guru pemahaman tentang manajemen konflik di sekolah 2) kepala sekolah harus bijak dan dapat menciptakan iklim sekolah yang kondusif 3) untuk peneliti berikutnya hendaknya dapat meneliti di tingkat yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57573

Actions (login required)

View Item View Item