Kaharudin (2013) Manajemen peserta didik berbasis sekolah (Studi muktikasus pada MTs Negeri Model Praya dan MTs Darul Muhajirin Putri Praya Kabupaten Lombok Tengah) / Kaharudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kaharudin. 2013. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah (Studi Multikasus pada MTs Negeri Model Praya dan MTs Darul Muhajirin Putri Praya Kabupaten Lombok Tengah). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (2) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri M.Pd. Kata kunci manajemen peserta didik berbasis sekolah. 12288 12288 12288 12288 Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam dalam perkembangannya harus mampu mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kemampuan madrasah untuk mempertahankan eksistensinya dapat dilihat dari perkembangan peserta didiknya yang didukung oleh prestasi-prestasi yang diraihnya. Pengelolaan madrasah yang tidak sistematis berdampak pada kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi bila tidak didukung oleh inovasi-inovasi dalam mengembangkan dirinya. Pembinaan terhadap peserta didik menjadi ujung tombak keterlaksanaan setiap program yang akan menentukan efektifitas pencapaian tujuan madrasah. Untuk itu diperlukan manajemen peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas peserta didik yang dimiliki oleh madrasah. Program-program yang dirancang sejak penerimaan peserta didik hingga evaluasi terhadap pembinaan peserta didik harus mampu mengkoper peningkatan kualitas dan kuantitas peserta didik pada madrasah. Dalam prosesnya manajemen peserta didik harus dilakukan secara sistematis untuk mengefektifkan pencapaian tujuan madrasah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan konteks tersebut di atas peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri atas (1) perencanaan peserta didik berbasis sekolah. (2) pembinaan peserta didik berbasis sekolah dan (3) evaluasi pembinaan peserta didik berbasis sekolah. Untuk dapat mendeskripsikan ketiga fokus tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis data kasus individu serta analisis data lintas kasus. Analisis data kasus individu berupa reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data lintas kasus dilakukan dengan mengkomparasikan temuan-temuan pada masing-masing kasus individu. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut (1) perencanaan peserta didik berbasis sekolah meliputi (a) sistem penerimaan peserta didik berbasis sekolah yaitu perumusan kebijakan penerimaan peserta didik baru pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan sistem terbuka perumusan prosedur dan program penerimaan peserta didik baru oleh panitia yang telah dibentuk penyebaran informasi dan undangan pembukaan dan pendaftaran penerimaan peserta didik baru seleksi yang meliputi seleksi administrasi seleksi akademik dan seleksi kemampuan membaca Al-Qur an serta pengumuman hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (b) problematika penerimaan peserta didik baru yaitu minimnya informasi seputar penerimaan peserta didik baru yang diterima peserta didik tidak singkronnya antara nilai raport/UN dengan hasil tes akademik peserta didik baru terbatasnya daya tampung madrasah dominasi calon peserta didik yang berasal dari lingkungan sekitar madrasah (2)pembinaan peserta didik berbasis sekolah meliputi (a) aspek pembinaan peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik (b) teknik pembinaan peserta didik berbasis sekolah yaitu pemberian jam tambahan bagi kelas unggulan pemberlakuan area khusus bahasa asing (language area) pendelegasian peserta didik untuk mengikuti olimpiade-olimpiade sains dan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler (3) evaluasi peserta didik berbasis sekolah meliputi (a) evaluasi pembinaan peserta didik dalam bidang akademik dilakukan dua tahap yaitu evaluasi semester dan evaluasi tahunan dan evaluasi non akademik dilihat hasil perubahan prilaku peserta didik. (b) tindak lanjut evaluasi pembinaan peserta didik yaitu pemberian reward kepada peserta didik yang berprestasi pemberian jam tambahan pada mata pelajaran yang diujiannasionalkan pemberian remedial bagi peserta didik yang belum mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler madrasah. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran-saran bagi (1) Kementrian Agama agar membuat kebijakan yang berkaitan dengan upaya-upaya peningkatan kualitas penerimaan pembinaan serta evaluasi peserta didik pada madrasah baik negeri maupun swasta melalui pemenuhan kebutuhan sarana prasarana dana dan teknologi tepat guna agar program yang sudah sedang dan akan dilaksanakan dapat lebih berkualitas yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik (2) Kepala Madrasah senantiasa harus memberikan keteladanan bagi guru dan peserta didik dalam kepemimpinannya serta mampu memberikan masukan kepada guru terkait dengan proses pembinaan peserta didik yang berkualitas yang dapat memotivasi peserta didik untuk terus meningkatkan prestasinya (3) pengembangan ilmu manajemen pendidikan agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi pemikiran serta pijakan bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya yang berkaitan dengan manajemen peserta didik berbasis sekolah (4) peneliti lain hasil penelitian ini akan memberikan khazanah pengetahuan yang diharapkan dapat dikembangkan penelitian berikutnya berbasis manajemen peserta didik dengan latar berbeda dan pendekatan penelitian yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57517 |
Actions (login required)
View Item |