Nur, Muh. Zainul Amin (2013) Manajemen pengasuhan pada layanan khusus asrama bagi siswa SMP untuk pembentukan karakter (Studi multi situs SMP Al-Izzah Batu & SMP Ar-Rohmah Putri Dau Kabupaten Malang) / Muh. Zainul Amin Nur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Layanan khusus asrama pengasuhan karakter pengasuh pembinaan pendampingan pemerlakukan (penanganan) Layanan khusus asrama sekolah difungsikan tidak hanya sebagai tempat menginap tetapi juga sebagai kegiatan pengasuhan untuk membentuk karakter pribadi siswa yang mandiri bertangungjawab disiplin penolong jujur sopan santun taat ibadah percaya diri saling menghormati dan lainya melalui beberapa kegiatan terjadwal pendisiplinan pembinaan dan pendampingan oleh para pengasuh kamar kepala kamar koordinator pengasuh wakil pengasuhan dan kepala pengasuh. Fenomena pengasuhan tersebut perlu dideskripsikan untuk menemukan bentuk pengasuhan pada sekolah yang menyelenggarakan layanan khusus asrama yang difokuskan pada proses manajemennya yaitu deskripsi tahapan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan karakter yang terbentuk dan pengawasan pengasuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multi situs (multy site). Penelitian dilakukan di SMP Al-Izzah Batu Malang dan SMP Ar-Rohmah Putri Dau Malang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam dokumentasi observasi terfokus dan observasi partisipatori. Penentuan informan dengan metode purposif sampling. Informan kunci ditetapkan berdasarkan atas pemahaman dan intensitas keterlibatan yang bersangkutan dalam pelaksanaan pengasuhan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Prosedur pengumpulan data dimulai dari pendalaman data dari situs pertama. Situs pertama digunakan untuk menemukan dan menentukan kerangka kerja untuk pengumpulan data di situs kedua.Teknik analisis data menggunakan analisis induksi analisis untuk menyusun temuan penelitian. Langkah-langkah analisis dimulai dari analisis situs tunggal pertama hingga situs kedua sehingga masing-masing situs didapat temuan tentatif. Berdasar pada temuan tentatif masing masing situs dilanjutkan analisis lintas situs. Prosedur analisis lintas situs antara temuan tentatif situs tunggal pertama dan kedua dengan teknik induktif di modifikasi sehingga didapat temuan lintas situs selanjutnya menyusun temuan lintas situs bersifat naratif berupa proporsi. Gilirannya kembangkan teori substantif dan temuan penelitian. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji (1) kredibilitas melalui (a) triangulasi teori sumber dan metode(b) tranferabilitas (2) dependabilitas dan (3) konfirmabilitas. Temuan penelitian (1) perencanaan pengasuhan pada layanan khusus asrama dilakukan dengan pentahapan menetapkan visi misi tujuan analisis lingkungan strategi pencapaian perencanaan kegiatan pengasuhan penempatan siswa penertiban dan kegiatan pendampingan dan pemerlakuan siswa asrama.(2) pengorganisasian pengasuhan pada layanan khusus dilakukan dengan proses penghimpunan sumberdaya dengan pensetrukturan dalam organisasi secara bertingkat yaitu level I ketua pengasuh level II waka kepengasuhan level III koordinator pengasuh tingkat kelas level IV kepala kamar dan level Vpara pengasuh kamar Kedua penempatan personel pada level-level tersebut untuk level I dipilih oleh kepa lembaga secara langsung sedangkan level II-V dipilih melalui rapat terbatas dipimpin kepala pengasuh Ketiga sumberdaya pengasuh dipilih berdasarkan kompetensi dan komitmen atau amanah. (3) pelaksanaan pengasuhan pada layanan khusus asrama melalui serangkaian kegiatan (a) monitoring dan pendapingan untuk mendisiplinkan membiasakan membantu memecahkan masalah mengatur keuangan siswa melatih mengatur kebutuhan hidup memandirikan mengatur kegiatan siswa memberi masukan dan mengarahkan siswa untuk mampu memutuskan sendiri kesulitan yang dihadapi (b) bimbingan pembinaan dan pembiasaan pembiasaan kehidupan diasrama (c) perlakuan terhadap siswa bermasalah pemecahannya melibatkan 3 unsur pengasuh kamar kepala sekolah dan orang tua (d) komunikasi efektif oleh kepala pengasuh untuk meningkatkan kinerja para pengasuh dengan bentuk memberi mendorong mengarahkan teguran dan mengingatkan tugas dan kewajiban sebagai pengasuh serta menekankan rasa jihad fisabilillah . (4) Pengasuhan pada layanan khusus asrama membentuk karakter siswa yang (a) tertib dan disiplin (b) mandiri mengatur waktu dan kebutuhan pribadi dan belajar (c) peduli terhadap teman yang mengalami kesulitan (d) kebersamaan (kekeluargaan) dan saling membantu dan bekerja sama (e) toleran terhadap perbedaan asal asul suku dan daerah (f) jujur dan amanah menjalankan kewajiban di asrama dan sekolah (g) taat beribadah (h) sopan dan santun perkataan dan perbuatan (i) mampu memecahkan masalah dengan pertimbangan yang tepat (lebih dewasa) (j) keberanian dan kepercayaan menunjukkan potensi. (5) Pengawasan pengasuhan pada layanan khusus asrama dilakukan untuk dua hal (a) pelaksanaan pengasuhan (b) kepribadian siswa. Pengawasan terhadap kegiatan pengasuhan oleh kepala pengasuh melalui teknik rapat rutin tiap minggu dan bulan yang terjadwal dengan bentuk pelaporan kinerja para pengasuh. Pengawasan pada karakter pribadi siswa melalui penetapan aspek aspek kepribadian serta indikator indikator penilaian. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran khusus yang berguna untuk peningkatan pengasuhan pada layanan khusus asrama untuk pembentukan karakter. Saran yang diajukan tersebut dalah (1) melakukan analisis kebutuhan siswa di asrama dan pendukungnya dalam proses penyusunan perencanaannya (2) memperbaiki kegiatan monitoring pendapingan dan pembinaan serta kegiatan kegiatan kecakapan dengan penjadwalan disertai dengan lembar penilaian (3) memerinci dimensi kepribadian siswa secara sekala prioritas dimulai dari (a) dimensi spiritual (moral etik) (b) sosial (c) psikis (d) fisik (kesehatan dan kebersihan) dan (e) ketrampilan hidup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57494 |
Actions (login required)
View Item |