Djarwati, Ritul Idha (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan sekolah (Studi Multisitus di SMKN 4 Malang dan SMKN 8 Malang) / Ritul Idha Djarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji Kosim Hasan M.A. Ph.D (2) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci kepemimpinan kekepalasekolahan mutu sekolah SMK Secara umum kepemimpinan kepala sekolah adalah salah satu penentu dalam meningkatkan mutu sekolah. Selain itu kepemimpinan kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kesuksesan pencapaian beragam prestasi baik akademik maupun non akademik. Fokus penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dengan lebih fokus pada masalah-masalah sebagai berikut (1) gaya kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah (2) peran kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah dan (3) strategi kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1)gaya kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah (2) peran kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah dan (3) strategi kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 8 Malang dalam upaya meningkatkan mutu sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian tersebut dipandang paling sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multisitus artinya menggabungkan beberapa situs dalam kasus tunggal menggabungkan subyek latar dan tempat kejadian yang berlainan yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Malang. Sumber datanya adalah informan sebanyak 5 (lima) orang di setiap sekolah. Teknik pengumpulan datanya meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah (1) gaya kepemimpinan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 dan 8 Malang adalah transformational participative dan modeling the way (2) peran kepala Sekolah di masing-masing institusi pendidikan menengah kejuruan negeri tersebut merupakan figure central dalam meningkatkan mutu sekolah dan (3) strategi kepemimpinan kepala Sekolah di masing-masing institusi pendidikan menengah kejuruan negeri tersebut meliputi (a) transform paradigm (b) transform leadership (c) transform values dan (d) transform orientation and definition. Simpulan dan saran penelitian ini adalah hasil penelitian di atas telah menjawab apa yang menjadi fokus penelitian ini sekaligus pula telah tercapai tujuan penelitian ini. Sedangkan sarannya adalah perlu lebih disosialisasikan ke institusi sejenis tentang arti penting gaya kepemimpinan transformational participative dan modeling the way supaya terjadi peningkatan mutu sekolah. Adapun saran saran yang dikemukakan adalah sebagai berikut (1) bagi sekolah penyelenggara terkait dengan gambaran sekolah bermutu atau sekolah unggulan maka disarankan setiap institusi pendidikan yang ingin berhasil menjadi sekolah bermutu atau sekolah unggulan harus memperhatikan dan mengimplementasikan indikator-indikator manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah secara optimal. Dalam hal ini diupayakan eksistensi seorang kepala sekolah yang transformasional partisipatif dan modelling the way (2) bagi kepala sekolah terkait dengan hasil penelitian sebagai bahan masukan maka disarankan bahwa Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 di kota Malang harus berupaya mengoptimalisasi pelaksanaan indikator-indikator manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terutama melakukan penguatan pada figur pimpinan dan diharapkan bersikap transformasional partisipatif dan modelling the way (3) bagi Dinas Pendidikan terkait dengan hasil penelitian sebagai bahan inspirasi bagi sekolah yang masih belum memperoleh predikat sekolah bermutu atau sekolah unggulan maka disarankan kepala sekolahnya mempelajari bagaimana pelaksanaan indikator-indikator manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang telah dijalankan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Malang. Dan juga bagaimana teknik manajemen strategis yang diterapkan oleh kedua sekolah tersebut (4) bagi Kepala Dinas Pendidikan terkait dengan hasil penelitian sebagai bahan masukan bagi yayasan pendidikan untuk bisa meningkatkan mutu institusi pendidikan yang dikelolanya maka disarankan untuk menempatkan seorang pimpinan sekolah yang bersikap transformasional paradigma transformasional nilai-nilai transformasional dalam kepemimpinan transformasional dalam orientasi dan transformasional dalam definisi atau batasan institusi yang dikelolanya (5) bagi peneliti lain terkait dengan memperkaya khazanah keilmuan khususnya manajemen pendidikan maka disarankan kepada mereka yang berminat melakukan penelitian lanjutan (advance research) dengan topik bahasan yang sama kendati objek penelitian berbeda maka hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57448 |
Actions (login required)
View Item |