Hubungan keterampilan supervisi pengajaran, iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang / Abdul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan supervisi pengajaran, iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang / Abdul Huda

Huda, Abdul (2011) Hubungan keterampilan supervisi pengajaran, iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang / Abdul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. ( II ) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. Kata kunci ketrampilan supervisi pengajaran iklim organisasi sekolah motivasi kerja kinerja guru Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini memiliki tanggung jawab meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan sumber daya manusia. Diantaranya kualitas guru yakni kinerja guru menjadi sangat penting untuk dikaji secara berkesinambungan. Dalam organisasi manapun kinerja merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan organisasi termasuk organisasi di bidang pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan maka kualitas pendidikan perlu ditingkatkan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia kurikulum sarana dan prasarana pendidikan serta tersedianya dana yang memadai. Dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya kepala sekolah diharapkan memiliki ketrampilan supervisi pengajaran untuk membimbing para guru sebagai bawahannya. Artinya apabila seorang kepala sekolah menginginkan tanggung jawab hasil kerja dapat terpenuhi dengan baik maka harus menerapkan kepemimpinannya yang tepat menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan memotivasi para guru untuk melakukan kegiatan sekolah menuju tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah iklim organisasi sekolah motivasi kerja dan kinerja guru Taman Kanak-kanak di kota Malang serta untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian yaitu (2) ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah sekolah dengan kinerja guru (3) iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru (4) motivasi kerja dengan kinerja guru dan (5) ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang kemudian (6) untuk mengetahui besar sumbangan efektif ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket model tertutup yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi ganda untuk uji hipotesis dengan bantuan komputer program analisis statistik SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah berkategori baik dan kinerja guru TK di kota Malang berkategori baik sedangkan iklim organisasi sekolah motivasi kerja berkategori sangat baik dan kinerja guru berkategori sangat baik. (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketrampilan supervisi pengajaran dengan kinerja guru (3) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru (5) terdapat hubungan yang signifikan antara ketrampilan supervisi pengajaran iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK di kota Malang (6) sumbangan efektif ketrampilan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK di kota Malang sebesar 13 30% sedangkan sisanya 87 70% adalah besar sumbangan efektif yang berasal dari berbagai faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam persamaan model regresi yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) kepada kepala sekolah TK di kota Malang tetap meningkatkan kemampuannya dengan mengkaji dan diskusi tugas dan fungsi antar kepala sekolah khususnya yang berkaitan dengan ketrampilan supervisi pengajaran yang tepat sehingga pembelajaran di TK dapat berlangsung sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia TK (2) guru staf tata usaha bersama-sama dengan kepala sekolah perlu meningkatkan lagi upaya menciptakan iklim sekolah yang lebih kondusif membangun motivasi kerja serta kinerja yang tinggi sehingga mutu pendidikan TK di kota Malang semakin lebih baik (3) Dinas Pendidikan Kota Malang disarankan agar melakukan pembinaan dan berbagai pelatihan kesupervisian terhadap para kepala sekolah TK di kota Malang serta pembinaan terhadap para guru TK dalam meningkatkan motivasi kerjanya (4) Wali Kota Malang disarankan agar dalam pengangkatan kepala sekolah hendaknya dilaksanakan secara lebih selektif yang didasarkan atas kriteria kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh kepala sekolah serta (5) kepada peneliti lain disarankan agar menjadikan hasil analisis dan temuan penelitian ini sebagai bahan perbandingan untuk dikaji ulang serta dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan atau menghubungkan variabel kinerja guru dengan variabel-variabel lain yang belum tercakup dalam penelitian ini sehingga diperoleh gambaran yang lebih komprehensif bagi pengembangan teori dan praktik manajemen pendidikan Taman Kanak-kakak (TK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57436

Actions (login required)

View Item View Item