Manajemen pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Dadapan Bondowoso / Fatahillah Arrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Dadapan Bondowoso / Fatahillah Arrozi

Arrozi, Fatahillah (2011) Manajemen pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Dadapan Bondowoso / Fatahillah Arrozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M. Pd. Kata kunci manajemen pembiayaan pendidikan anak kurang mampu Kendala utama dari lembaga pendidikan islam khususnya pesantren dalam menghadapi persaingan saat ini adalah ketidaksiapan sumber daya manusia juga meliputi kemampuan finansial. Hingga saat ini tidak sedikit yang menjalankan proses belajar mengajarnya dengan SDM (Sumber Daya Manusia) pengajar dibawah rata-rata dan dukungan finansial seadanya. Jumlah santri yang berasal dari golongan tidak mampu terkadang lebih banyak daripada santri mampu sehingga pondok pesantren pun tidak bisa beharap banyak terhadap sumbangan mereka untuk pelaksanaan pembiayaan pendidikan. Berangkat dari keingintahuan mengenai bagaimana pembiayaan pendidikan dikelola oleh sekolah-sekolah swasta di lembaga mereka khususnya bagi anak-anak kurang mampu tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam di sebuah lembaga pendidikan swasta berbentuk pondok pesantren modern di sebuah kota kecil yaitu Kabupaten Bondowoso pondok pesantren tersebut adalah Al-Ishlah Dadapan Bondowoso. Fokus dalam penelitian ini adalah manajemen pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di pondok pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Dari fokus tersebut diuraikan sebagai berikut (1) Perencanaan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso (2) Pengorganisasian pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso dan (4) Pengawasan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Pendekatan model ini digunakan karena permasalahan berupa bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di Pondok Pesantren Al-Ishlah Dadapan Bondowoso masih belum jelas kompleks dan penuh makna. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Al-Ishlah yang beralamatkan di Jl. Raya Jember No.17-18 Dadapan Grujugan Bondowoso Jawa Timur 68261. Dalam penelitian ini sampel sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Penentuan sumber data disini masih bersifat sementara dan akan berkembang kemudian sampai ke titik jenuh informasi setelah peneliti berada di lapangan. Agar diperoleh data yang lebih lengkap dan sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian maka teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu (1) Wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) dokumentasi. Dalam penelitian ini ada empat langkah yang dilakukan peneliti untuk menganalisis data yaitu analisis domain taksonomi komprehensial dan analisis tema. Uji keabsahan data dilakukan dengan berbagai cara yaitu uji kredibilitas data uji dependabilitas data uji transferabilitas dan uji konfirmabilitas. Yang utama dilakukan adalah uji kredibilitas melalui perpanjangan waktu pengamatan meningkatkan ketekunan trianggulasi diskusi dengan teman sejawat memberi cek dan analisis kasus negatif. Berdasarkan uraian data dan temuan penelitian di lapangan maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut (1) Pimpinan Pondok pesantren Al-Ishlah dalam menyusun perencanaan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu mengedepankan hal-hal seperti (a) Melibatkan semua pengurus (b) Merumuskan perencanaan yang fleksibel dan (c) Mendasarkan kepedulian terhadap anak-anak kurang mampu agar supaya tercapai visi misi dan tujuan pondok pesantren. (2) Pengorganisasian pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dijalankan dengan (a) Pembagian tugas yang jelas serta pendelegasian wewenang (b) Penempatan personel yang amanah dan kompeten dan (c) Melakukan pembinaan personel secara rutin dan berkala. (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu meliputi (a) Membagi santri ke dalam tiga golongan yaitu Banuh Basa dan Taba (b) Penerimaan sumber pembiayaan pendidikan yang berasal dari sumbangan santri mampu dan BUMP (c) Alokasi penggunaan pembiayaan pendidikan yang terprogram dan (d) Prosedur pencairan pembiayaan pendidikan yang terorganisir dan rapi. (4) Pengawasan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dilakukan dalam dua tahap (a) Dijalankan oleh biro pengawasan secara insidental dan berkala dan (b) Dijalankan oleh pimpinan pondok dan wakil secara insidental dan berkala. Hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Pemerintah agar lebih memperhatikan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dalam hal ini khususnya Kementrian Agama agar supaya dalam pembuatan keputusan dapat berkontribusi langsung dalam pembiayaan pendidikan terutama bagi lembaga pendidikan swasta (2) Kepada penyelenggara pendidikan atau pondok pesantren lain hasil penelitian ini dapat dijadikan model atau acuan dalam pengelolaan manajemen pembiayaan pendidikan yang tepat terutama bagi anak-anak kurang mampu agar cita-cita pemerataan pendidikan di Indonesia bisa cepat tercapai (3) Kepada pengamat pendidikan atau masyarakat pendidikan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat luas dan masyarakat sekitar pondok bahwa diperlukan manajemen yang tepat dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Secara konseptual dapat memperkaya teori tentang manajemen pembiayaan pendidikan (4) Kepada peneliti lain penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi untuk memperluas wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam kaitannya dengan manajemen pembiayaan pendidikan khususnya bagi anak-anak kurang mampu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57431

Actions (login required)

View Item View Item