Agustina, Lisa (2013) Pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronika pada mata pelajaran biologi materi sitem imun untuk SMA kelas XI semester 2 / Lisa Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan e-module bahan ajar sistem imun. Proses pembelajaran sebagai inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan siswa sebagai pemegang peranan utama. Pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik apabila pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Laboratorium UM bahan ajar yang digunakan guru yaitu bahan ajar berupa buku teks LKS dan modul.Modul yang digunakan yakni dalam bentuk cetak berisikan materi pembelajaran yang disertai dengan evaluasi. Berdasarkan kajian kompetensi dasar mata pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester 2 kompetensi dasar 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit adalah yang tersulit untuk disampaikan kepada siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru beliau mengakui bahwa materi ini sangat sulit untuk disampaikan kepada siswa banyak konsep materi sistem imun tidak dapat disampaikan dengan jelas secara langsung oleh guru dan proses pembelajaran materi sistem imun selama ini hanya disampaikan dengan ceramah. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanprodukpaket pembelajaran modul elektronik (e-module) materi sistem imun. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Lee Owens. Data yang diperolehyaitu data kuantitatif yang didapatkandariinstrumenangket validasi ahlidan ujilapangandan data kualitatifdidapatkandari masukan dan saran validatordanujilapangan. Hasilvalidasi ahli dan ujicobapadasiswamenghasilkantingkatkelayakansangatbaiksehingga bahan ajar layak untukdijadikanalternatifsumberbelajar. Hasil belajar dianalisis dengan metode Uji t sampel independen (independent samples t test) terhadap kelompok hasil belajar siswa yang menggunakan e-module (eksperimen) dengan kelompok hasil belajar siswa yang tidak menggunakan e-module (kontrol). Dari hasil analisis data melalui SPSS dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan bermakna rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dengan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan e-moduleini sebaiknya guru memperhatikan persiapan yang dibutuhkan untuk keterlaksanaan pembelajaran. Pengembangan produk hanya sampai pada tahap evaluasi formatif jika hendak dipakai untuk desiminasi perlu dilakukan evaluasi sumatif terlebih dahulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57169 |
Actions (login required)
View Item |