Karneli, Yeni (2013) Keefektifan konseling modifikasi kognitif perilaku untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa / Yeni Karneli. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Karneli Yeni. 2013. Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A dan (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci Efikasi Diri Akademik (EDA) Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku (KMKP) 12288 12288 12288 12288 Rendahnya efikasi diri akademik siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar yang merekacapai. Efikasi diri akademik secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap kegigihan dalam mencapai prestasi. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah akan cenderung mengalami kebingungan dan bermasalah. Gejala siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah tampak pada rasa kurang percaya diri meragukan kemampuan akademisnya dan tidak mencapai nilai tinggi di bidang akademik. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah merasa dirinya tidak berharga paling bodoh bersikap defensif serta tidak belajar dari banyak kegagalan yang dialaminya mudah menyerah malas stres dan depresi. Untuk meningkatkan efikasi diri akademik rendah siswa digunakan pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) yang merupakan teknik penggabungan konseling kognitif dan bentuk modifikasi perilaku. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true experiment. Bentuk desain yang digunakan pretest-postest with control group design. Subjek penelitian adalah siswa SMK N 9 Padang yang mengalami masalah efikasi diri akademik rendah yang terdiri dari 8 orang pada kelompok eksperimen dan 8 orang pada kelompok kontrol. Penjaringan subjek penelitian menggunakan skala penilaian efikasi diri akademik (SPEDA) diadaptasi dari academic self efficacy An inventory (Jinks dan Morgan 1999). Analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu Uji beda Two Independent Sampel Test Mann Whitney U. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) efektif untuk meningkatkan efikasi diri akademik (EDA) siswa SMK. Terdapat perbedaan efikasi diri akademik antara siswa yang diberi pendekatan KMKP dengan siswa yang diberi counseling as usual. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disampaikan saran-saran (1) terbukti pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) efektif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMK maka konselor sekolah dapat menggunakan pendekatan KMKP untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa (2) pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) sangat menekankan pada pengubahan dialog internal konseli. Oleh karena itu diperlukan keterampilan konselor dalam melaksanakan konseling dengan pendekatan modifikasi kognitif perilaku. Untuk itu konselor perlu meningkatkan keterampilan dalam konseling sehingga penerapannya dapat dilakukan dengan mudah dan lebih efektif dan (3) penelitian ini hanya menggunakan subjek penelitian siswa sekolah menengah kejuruan. Untuk mengembangkan memperkaya dan memperluas teori tentang efikasi diri akademik penelitian lanjutan dapat menggunakan setting yang berbeda baik dari setting demografi (usia wilayah) jenis kelamin status sosial maupun pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56773 |
Actions (login required)
View Item |