Pengembangan panduan permainan Gobak Sodor untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa sekolah dasar / Muwakhidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan permainan Gobak Sodor untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa sekolah dasar / Muwakhidah

Muwakhidah (2013) Pengembangan panduan permainan Gobak Sodor untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa sekolah dasar / Muwakhidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci panduan permainan gobak sodor keterampilan kerjasama Siswa sekolah dasar mengalami masa transisi yaitu transisi dari lingkungan keluarga ke lingkungan sekolah hal ini ditandai dengan adanya perluasan hubungan dari lingkup keluarga bertambah kelingkup sekolah dan teman sebaya. Salah satu keterampilan yang penting dimiliki siswa dalam menghadapi perluasan hubungan sosial adalah keterampilan kerjasama. Siswa SD dengan keterampilan kerjasama yang rendah cenderung dihindari teman sebayanya diabaikan suka pilih-pilih teman kurang mau mendengarkan pendapat orang lain dan prestasi belajarnya pada kategori rata-rata sampai kurang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi promblem kerjasama yang dialami siswa SD adalah dengan membuat panduan permainan gobak sodor. Model pengembangan panduan permainan gobak sodor menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari tahap (1) melakukan penelitian pandahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk tahap awal (4) uji coba tahap awal (5) revisi produk (6) uji kelompok kecil (7) revisi produk (8) uji produk operasional (9) revisi produk akhir dan (10) diseminasi. Subjek uji coba produk adalah ahli isi rancangan dan siswa kelas 4 dan 5 SDN Curahmalang II dan SDN Sumbermulyo II (tiap sekolah diambil 8 siswa). Penilaian dilakukan oleh ahli BK ahli media dan calon pengguna terhadap panduan permainan gobak sodor. Berdasarkan uji ahli dan uji calon pengguna terhadap panduan permainan gobak sodor telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang tinggi. Hasil penilaian ahli isi dan rancangan diperoleh nilai inter-rater sebesar 1 atau validitas sangat tinggi (sangat baik). Hasil penilaian uji coba calon pengguna diperoleh nilai inter-rater sebesar 1 atau validitas sangat tinggi (sangat baik). Analisis pretest dan posttest yang dilakukan pada uji kelompok terbatas dengan menggunakan skala keterampilan kerjasama menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan kerjasama siswa pada keenam keterampilan yang dilatihkan dari kategori kurang terampil menjadi terampil. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh harga Z sebesar -2 588 dengan Asymp. Sig. lebih kecil dari 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa panduan permainan gobak sodor efektif meningkatkan keterampilan kerjasama siswa SD. Berdasarkan hasil penelitan tersebut maka saran yang diajukan adalah (1) guru hendaknya memiliki pemahaman yang baik terhadap permainan gobak sodor agar dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan kerjasama (2) peneliti selanjutnya disarankan meneliti dalam wilayah yang lebih luas dengan terlebih dahulu melakukan assesment budaya pada tempat peneliti melakukan penelitian dan melakukan uji efektifitas dengan desain yang tidak terbatas pada pretest-posttest one group design peneliti selanjutnya dapat melakukan uji efektifitas dengan desain PTK melalui mata pelajaran olah raga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56768

Actions (login required)

View Item View Item