Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA / I Made Sonny Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA / I Made Sonny Gunawan

Gunawan, I Made Sonny (2013) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA / I Made Sonny Gunawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan mengelola emosi experiential learning. Untuk membentuk perilaku yang baik manusia dipengaruhi oleh penginderaan (persepsi) dan pikiran yang disertai oleh perasaan atau emosi.Mengelola emosi sebagai bagian dari kecerdasan emosional bisa diperoleh melaluipelatihan. Permasalahan yang banyak terjadi dilapangan terkait dengan pelaksanaan pelayanan dasar kepada para siswa adalah konselor(guru BK) belum memiliki panduan yang bisa digunakan untuk melatih siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA yang memenuhi aspek keberterimaan. Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA menggunakan model penelitian pengembangan Borg Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu 1) tahap I yaitu tahap persiapan 2) tahap II yaitu tahap pelaksanaan dan 3) tahap III yaitu tahap uji coba. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif berupa rata-rata sedangkan wawancara komentar dan saran dianalisis secara kualitatifdeskriptif. Hasil penilaian ahli dan konselorterhadap panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk siswa SMA telah memenuhi kriteria keberterimaan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa mudah dalam memahami dan menerapkan proses kegiatan dalam pelatihan. Saran penelitian adalah sebagai berikut 1) guru bimbingan dan konseling diharapkan melaksanakan pelayanan dasar berupa bimbingan dalam melatihkan cara mengelola emosi agar menggunakan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa karena sudah terbukti keberterimaannya dan 2) peneliti selanjutnya diharapkan meneliti efektivitas panduan ini dengan melakukan penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56764

Actions (login required)

View Item View Item