Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction / Faridah Nurmaliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction / Faridah Nurmaliyah

Nurmaliyah, Faridah (2013) Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction / Faridah Nurmaliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci stres akademik teknik self-instruction Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perubahan stres akademik siswa dan 2) kemampuan siswa merubah pikiran perasaan reaksi fisiknya yang negatif menjadi lebih positif dalam a) menyampaikan pendapat b) mengumpulkan informasi dan c) bertingkah laku setelah dilakukan intervensi teknik self-instruction. Penelitian ini menggunakan multiple treatment design dengan subyek 3 orang siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Prosedur yang dilakukan yaitu memperoleh gambaran pikiran perasaan reaksi fisik dan tingkah laku subyek penelitian sebelum mendapat perlakuan (A) intervensi dengan teknik self-instruction (B) evaluasi lembar pantau diri (C) dan konseling kelompok (D). Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan lembar tugas kemudian dianalisa menggunakan analisa visual grafis dan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum teknik self-instruction dapat menurunkan stres akademik dan secara khusus teknik ini dapat meningkatkan kemampuan 1) menyampaikan pendapat pada subyek 1 dan subyek 3 setelah memasuki tahap intervensi kedua (B). Sedangkan subyek 2 dapat menunjukkan perubahan dan stabil setelah berada pada tahap intervensi ketiga (D) 2) mengumpulkan informasi pada ketiga subyek sejak pertengahan intervensi kedua (C) dan 3) bertindak positif pada subyek 1 dan subyek 2 sejak memasuki tahap intervensi pertama (B) sedangkan subyek 3 baru dapat menunjukkan perubahan dan stabil pada pertengahan intervensi ketiga (D). Konselor sekolah diharapkan dapat menggunakan teknik self-instruction sebagai salah satu teknik dalam konseling untuk menurunkan stres akademik siswa. Para peneliti dan konselor sekolah dapat membantu siswa yang mengalami masalah pribadi sosial belajar dan karir dengan menggunakan teknik-teknik konseling lain yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56761

Actions (login required)

View Item View Item