Astuti, Farida Herna (2013) Pengembangan panduan pelatihan moral awareness untuk siswa SMP / Farida Herna Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan panduanpelatihan moral awareness. Masaremajaadalahmasa yang pentingdalamperkembangan moral dimanamerekadihadapkandengankontradiksiantarakonsep moral yang telahmerekaterimadenganapa yang merekaalami di lingkungankeluargadantetangga. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenyusunpanduanpelatihankesadaran moral bagisiswa SMP sebagaisalahsatu media bimbingandankonseling yang memenuhikriteriaakseptabilitas (kegunaan kelayakan ketepatandankepatutan) danmenghasilkanpanduanpelatihanmoral awareness yang efektifmeningkatkanmoral awarenesssiswa SMP.Produkpengembanganinimenggunakankonstrukteorimoral awarenessdariBorba. Model pengembanganmenggunakan model Borg dan Gall yang dimodifikasimenjaditigatahapan yaituprapengembangan pengembangandanpascapengembangan. Kegiatanpadatahapprapengembanganadalahmelakukanneed assessmentdanstudiliteratur kegiatanprapengembanganadalahmenyusundrafpanduan merumuskantujuanumum tujuankhusus mengembangkanalatevaluasisertamenentukanstrategipelatihandanmenghasilkanprototypepanduanpelatihanmoral awarenessberupapanduankonselordanpanduansiswa padapascapengembanganterdiridariujidua orang ahlibimbingandankonseling ujidua orang konselordanujikelompokterbataspadadelapansiswa. Hasilpenilaianahlidankonselormenunjukkanbahwapanduanpelatihanmoral awarenessuntuksiswa SMP telahmemenuhikriteriaakseptabilitas.Sedangkanhasilujikelompokterbatasmenunjukkantidakadanyapeningkatankesadaran moral subjeksecarasignifikanpadasebelumdansesudahpelatihan. Produkpanduanpelatihankesadaran moral inimenjadi media bimbinganbagikonseloruntukmembantusiswapadaaspekpribadisosial khususnyaaspekperilaku moral.BerdasarkanhasilujiLevene test diketahuibahwaperbedaanvarianantardistribusiskorpretestdanposttesttidaksignifikan. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa data pretestdanpostestadalahhomegen.Setelah data dipastikanhomogen (lulus ujihomogenitas) maka dilakukananalisisujibedadengan formula Wilcoxon. Berdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwa H0diterimadan H0ditolak yang berartitidakadaperbedaanskor rata-rata kesadaran moral siswa yang signifikansetelahdiberipelatihankesadaran moral denganstrategivalue clarification technique.Hasilinididukungdenganbesarnyakoefisien Z sebesar -1 153 dengansignifikansisebesar 0 249.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56754 |
Actions (login required)
View Item |