Persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMA se Kota Malang / Bayu Mulya Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMA se Kota Malang / Bayu Mulya Putra

Bayu Mulya (2013) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang semester gasal tahun ajaran 2012/2013 di SMA se Kota Malang / Bayu Mulya Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Guru Pamong Kompetensi Mahasiswa PPL Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai banyak program studi (Prodi) yang menyelenggarakan pendidikan bagi calon pendidik. Aplikasi Prodi pendidikan tersebut salah satunya ialah dengan mempersiapkan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL tersebut dilaksanakan pada setiap awal semester. PPL ditujukan untuk pembentukan guru atau tenaga pendidik yang profesional melalui kegiatan pelatihan di sekolah. Dalam kurun waktu terakhir ini beberapa Guru Pamong mengeluhkan tentang kompetensi maupun kinerja mahasiswa PPL Jurusan Sejarah. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengkajian mengenai kompetensi mahasiswa PPL Jurusan Sejarah yang dilihat dari persepsi Guru Pamong. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah pada perencanaan pembelajaran (2) persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah pada pelaksanaan pembelajaran (3) persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL Jurusan Sejarah pada evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata tertulis atau lisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri dibantu dengan pendapat para ahli dan dokumentasi penelitian. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data dengan sumber metode dan pengecekan anggota (member check). Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data penyajian data dan tahap verifikasi data atau kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Pamong terhadap perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa Jurusan Sejarah cukup baik. komponen dalam perencanaan pembelajaran sudah dicantumkan semua. Substansi yang tercantum dalam perencanaan pembelajaran harus lebih dipahami mahasiswa PPL Jurusan Sejarah untuk dapat menghasilkan perencanaan pembelajaran yang baik. Persepsi Guru Pamong terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah kurang baik terlihat beberapa mahasiswa kurang percaya diri dalam menghadapi siswa. Pengelolaan dan penguasaan kelas ang dilakukan mahasiswa PPL Jurusan Sejarah masih kurang maksimal. Media dan metode pembelajaran yang digunakan mahasiswa PPL Jurusan Sejarah kurang maksimal dan kurang variatif. Selain itu penguasaan materi mahasiswa PPL masih kurang baik. Persepsi Guru Pamong terhadap evaluasi pembelajaran yang sudah dibuat oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah cukup baik sudah terlihat kesesuaian antara evaluasi dengan perencanaan dan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Implikasi dari tujuan pembelajaran yang tercantum pada perencanaan pembelajaran belum sepenuhnya terlihat pada evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah. Evaluasi pembelajaran memang merupakan kesulitan bagi guru atau calon guru sehingga dibutuhkan lebih banyak latihan dan pengalaman untuk dapat membuat evaluasi pembelajaran yang baik. Demi kesempurnaan penelitian yang serupa dengan penelitian ini maka dapat disarankan supaya dilihat sudut pandang lain dari persepsi terhadap kompetensi mahasiswa PPL. Disarankan pula supaya peneliti berikutnya melakukan observasi yang mendalam guna menghasilkan penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55701

Actions (login required)

View Item View Item