Minat baca pada matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang semester genap tahun pelajaran 2011-2012 / Sandi Akbar Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat baca pada matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang semester genap tahun pelajaran 2011-2012 / Sandi Akbar Widodo

Sandi Akbar (2012) Minat baca pada matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang semester genap tahun pelajaran 2011-2012 / Sandi Akbar Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat baca siswa matapelajaran sejarah Membaca merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan belajar. Dalam matapelajaran sejarah membaca merupakan hal yang sangat penting dalam memahami suatu peristiwa. Minat baca siswa terhadap matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang berbeda-beda. Masalah yang terjadi sekarang dalam pembelajaran sejarah adalah rendahnya minat baca siswa terhadap buku-buku bacaan sejarah. Mereka menganggap sejarah itu membosankan karena beranggapan buku sejarah hanya berisi ceritera dalam bentuk narasi yang sangat panjang sehingga membosankan untuk dibaca Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana minat baca pada matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lawang. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui 1) observasi 2) wawancara mendalam 3) dokumentasi 4) angket. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi Setelah melakukan proses pengolahan data diketahui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan paparan data dan analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat minat baca siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang tergolong dalam ketegori sedang. Presentase siswa yang memiliki minat baca sedang sebesar 60% sedangkan siswa yang memiliki minat baca tinggi sebesar 35%. Sisanya sebesar 5% mempunyai minat baca rendah. . Indikator siswa yang memiliki minat baca sedang antara lain mengunjungi perpustakaan sekolah 2 kali dalam satu minggu membaca sejarah untuk mempersiapkan materi sejarah yang akan diajarkan besok dan biasanya sekitar 30 menit untuk membaca buku sejarah dalam setiap kali membaca. Untuk indikator minat baca siswa yang tergolong dalam kategori tinggi dilihat dari intensitas mereka dalam berkunjung perpustakaan yaitu antara 2 sampai 3 kali perminggu. Siswa memiliki waktu khusus untuk membaca buku sejarah lebih dari 30 menit. Selain itu mereka juga memanfaatkan buku sejarah yang ada di perpustakaan untuk kegiatan belajar mengajar. Sedangkan siswa yang termasuk dalam kategori minat baca rendah kunjungan ke perpustakaan yang hanya 1 kali dalam seminggu dan intensitas membaca yang tidak lebih dari 15 menit. Dari hasil penelitian tersebut maka dikemukakan saran yaitu guru dan sekolah terus memberikan dorongan dan menumbuhkan minat baca siswa terutama pada mata pelajaran sejarah. Selain itu menyediakan sumber bacaan sejarah yang dapat membangkitkan minat baca siswa dan didukung dengan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55648

Actions (login required)

View Item View Item