Perbandingan penggunaan media pembelajaran powerpoint dengan prezi terhadap hasil belajar sejarah Indonesia sisw kelas X MAN 2 Pasuruan / Dewi Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penggunaan media pembelajaran powerpoint dengan prezi terhadap hasil belajar sejarah Indonesia sisw kelas X MAN 2 Pasuruan / Dewi Faizah

Faizah, Dewi (2018) Perbandingan penggunaan media pembelajaran powerpoint dengan prezi terhadap hasil belajar sejarah Indonesia sisw kelas X MAN 2 Pasuruan / Dewi Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizah Dewi. 2018. Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dengan Prezi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X Man 2 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd M. Hum. Kata kunci media pembelajaran powerpoint prezi hasil belajar Microsoft powerpoint dan prezi merupakan dua software berbeda namun memiliki banyak kesamaan. Selain keduanya sama-sama bisa difungsikan dan dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang penyampaian materi pembelajaran sejarah fitur-fitur yang ada pada Microsoft powerpoint dan prezi tidak banyak berbeda. Adapun kesamaan dari keduanya merupakan multi-media yang mendukung beberapa media lainnya untuk disisipkan di dalamnya seperti video audio musik dan gambar. Hasil dari penelitian terdahulu diketahui bahwa masing-masing media mampu meningkatkan hasil belajar namun untuk perbandingan antara kedua media tersebut belum pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Pasuruan yang menggunakan media powerpoint. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Pasuruan yang menggunakan media prezi. (3) Untuk menguji perbedaan hasil belajar Sejarah Indonesia antara siswa kelas X MAN 2 Pasuruan yang menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan prezi Desain eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model post-test only control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen sampel kedua adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian ini ditunjukkan bahwa gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 14.114 dan 11.735. Dari kedua data tersebut diketahui bahwa rata-rata hasil gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian maka penggunaan media powerpoint lebih baik dari media prezi. Melalui analisis hasil gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t nilai signifikansi sebesar 0 191 0 05 maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media powerpoint dengan siswa yang diajar menggunakan media prezi. Adapun saran untuk penelitian ini adalah (1) bagi guru matapelajaran sejarah dalam menyampaikan materi pelajaran hendaknya juga menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru bisa menggunakan media powerpoint maupun prezi karena keduanya sama-sama bisa meningkatkan hasil belajar siswa dengan catatan guru bisa lebih kreatif dan inovatif lagi dalam merancang kedua media tersebut. (2) bagi sekolah disarankan bisa memfasilitasi guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Baik dalam hal fasilitas alat maupun fasilitas pelatihan bagi guru-guru yang masih belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55377

Actions (login required)

View Item View Item