Erfiana, Irma (2017) Pengembangan modul sejarah Islam di Malang sebagai sumber pembelajaran siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Negeri 7 Malang / Irma Erfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Erfiana Irma. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Islam di Malang sebagai Sumber Pembelajaran Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. R. Reza Hudiyanto. M.Hum. Kata Kunci modul sejarah Islam sumber belajar. Sumber belajar merupakan hal penting dalam pembelajaran sejarah karena tanpa menggunakan sumber belajar peserta didik akan kesulitan dalam mempelajari sejarah. Sumber belajar yang banyak digunakan untuk menunjang pemahaman siswa dalam belajar sejarah adalah buku paket. Tetapi buku paket belum semuanya memberikan tempat yang memadai pada siswa untuk dapat memahami materi secara spesifik dan menyeluruh. Para siswa tersebut membutuhkan komponen penunjang pembelajaran untuk mempermudah dalam memahami dan sebagai paket belajar mandiri yang menyenangkan. Terkait dengan pengembangan bahan ajar saat ini pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul pada pembelajaran sejarah di SMK Negeri 7 Malang. (2) Mengetahui efektivitas modul pada pembelajaran sejarah di SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti mengacu pada model yang dikembangkan oleh Sugiono yang terdiri atas 10 tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa modul perkembangan Islam di Malang kelas X SMK Negeri 7 Malang yang meliputi uraian materi tentang sejarah Islam situs-situs Islam yang ada di Malang foto dan ilustrasi. Produk tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran siswa. Produk tersebut telah divalidasi dengan hasil validasi ahli materi menunjukkan presentase sebesar 95.45% dan ahli media dengan presentase sebesar 88.63% sehingga modul ini dinyatakan valid dan dapat diujicobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan presentase sebesar 87.14% dan kelompok besar menunjukkan presentase sebesar 88.57%. Selain itu modul yang telah dikembangkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum pembelajaran menggunakan modul menunjukkan presentase sebesar 59.25% dan setelah pembelajaran menggunakan modul meningkat menjadi 78.57%. ABSTRACT Erfiana Irma. 2017. Development of Islamic history in Malang Module as Learning Source on History of 10th Grade SMK Negeri 7 Malang. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Supervisor Dr. R. Reza Hudiyanto. M.Hum. Keywords module Islamic history learning source Learning source is an important aspect towards history learning because without using learning source the learners will have difficulties in studying history. Learning source that mostly used to support student understanding in studying history is textbook. However not all textbooks provide adequate space for students in order to be able in understanding materials specifically and comprehensively. The students need supporting component of learning to ease them in understanding materials and as fun independent learning package. Related to the learning material development this time learning material development of module becomes urgent needs. This research aims to (1) Produce module towards history learning in SMK Negeri (Public Vocational High School) 7 Malang (2) Know module effectiveness towards history learning in SMK Negeri 7 Malang. This study is a research and development. The procedure of research and development that used by researcher refers to the model that developed by Sugiono consist by 10 stages (1) potential and problems (2) data collection (3) design product (4) design validation (5) design revisions (6) product trial (7) product revisions (8) trial usage (9) product revisions and (10) mass production. The data collection instrument was performed using a questionnaire pre-test and post-test. Data analysis technique used is quantitative analysis. The results of this research and development is an module about Islamic development in Malang class X SMK Negeri 7 Malang include subjects explanation about history of Islam Islamic archaeological site in Malang picture and ilustration. The product is applicable and effective to use as students learning resource. The product has been validated by material expert validation with percentage of 95.45% and the media expert with percentage of 88.63% so this module is valid and can be tested. From the results of small group testing showed a percentage of 87.14% and large groups showed percentage of 88.57%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55262 |
Actions (login required)
View Item |