Andrias, Rike (2017) Peranan gerakan mengajar dalam menumbuhkan nilia-nilai nasionlaisme berdasarkan Pancasila di SDN Taji 01 Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang tahun 2016 / Rike Andrias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andrias Rike 2016. Peranan Gerakan UMengajar dalam Menubuhkan Nilai-Nilai Nasionalisme Berdasarkan Pancasila di SDN Taji 01 Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Tahun 2016. Jurusan Sejarah. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci peranan Gerakan UMengajar nilai-nilai Nasionalisme berdasarkan Pancasila Gerakan UMengajar merupakan sebuah gerakan yang diikuti oleh mahasiswa di Universitas Negeri Malang baik dari program studi pendidikan maupun non pendidikan dengan visi dan misi yang sama yaitu mengabdi peduli dan menginspirasi anak-anak bangsa dalam bidang pendidikan. Sebagai salah satu gerakan yang berada dalam bidang pendidikan Gerakan UMengajar telah melakukan berbagai usaha untuk membantu permasalahan pendidikan yang dialami oleh lembaga pendidikan di daerah Kabupaten Malang Fokus penelitian ini yaitu tentang peranan Gerakan UMengajar dalam menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme berdasarkan Pancasila di SDN Taji 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang tahun 2016. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data interaktif yaitu reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan verifikasi (verification). Hasil penelitian peranan Gerakan UMengajar dalam menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yaitu sebagai berikut Pertama nasionalisme religius sesuai dengan sila Pancasila yang pertama Laskar Dewantara mengajak siswa untuk berdoa sebelum dan sesudah pelajaran berbuat jujur dan mematuhi segala aturan yang berlaku di negara ini sesuai dengan sifat Tuhan. Kedua nasionalisme humanis sesuai dengan sila Pancasila yang kedua Laskar Dewantara mengajak siswa untuk mempunyai sikap rela berkorban tanggung jawab dan pantang menyerah. Ketiga nasionalisme persatuan dalam kebhinekaan sesuai dengan sila Pancasila yang ketiga. Laskar Dewantara mengajak siswa untuk membanggakan kebudayaan Indonesia seperti menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah melafalkan teks Pancasila menghargai/toleransi terhadap teman yang berbeda agama dan suku dan membangun kerunan warga kelas. Keempat sosio-nasionalisme sesuai dengan sila Pancasila yang keempat Laskar Dewantara mengajak siswa untuk mempunyai sikap demokratis dan menciptakan suasana damai. Kelima nasionalisme berkeadilan sesuai dengan sila Pancasila yang kelima Laskar Dewantara mengajak siswa untuk berbuat adil tidak boleh pilih-pilih teman menghargai hasil karya orang lain menghormati hak orang lain serta menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti dampak yang ditimbulkan dari adanya Gerakan UMengajar dan konstribusi Gerakan UMengajar terhadap pendidikan di tingkat sekolah dasar yang terdapat di pinggiran Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55218 |
Actions (login required)
View Item |