Penggunaan cerita sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam bentuk digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas X MM-1 SMKN 11 Malang semester genap tahun 2015/2016 / Eny Malihatul Alawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan cerita sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam bentuk digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas X MM-1 SMKN 11 Malang semester genap tahun 2015/2016 / Eny Malihatul Alawiyah

Alawiyah, Eny Malihatul (2017) Penggunaan cerita sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam bentuk digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas X MM-1 SMKN 11 Malang semester genap tahun 2015/2016 / Eny Malihatul Alawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alawiyah Eny Malihatul. 2016. Penggunaan Cerita Sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam Bentuk Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X MM-1 SMKN 11 Malang Semester Genap Tahun 2015/2016 Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (1I) Drs. Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci Cerita dalam Bentuk Digial Minat Belajar Hasil Belajar. Pelajaran sejarah merupakan bagian dari ilmu pengetahuan sosial yang membahas tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau. Permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran sejarah adalah kurangnya minat dan hasil belajar sejarah peserta didik akibat model serta teknik pengajarannya kurang menarik. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti bersama guru sejarah pada tanggal 11 Agustus 2015 di SMK Negeri 11 Malang tepatnya di kelas X MM 1 ditemukan permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran sejarah berlangsung yaitu rendahnya minat dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hal tersebut dapat terlihat pada saat proses pembelajaran sejarah sedang berlangsung perhatian ketertarikan partisipasi peserta didik itu kurang serta kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan metode pengajaranya kurang menarik. Salah satu alternatif yang digunakan oleh peneliti bersama guru sejarah kelas X yaitu Ibu Nikmatul Makrifah dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan metode yang menarik dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah peserta didik. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji tentang penggunaan cerita Sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam bentuk digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas X MM-1 SMKN 11 Malang semester genap tahun 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana cerita sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam bentuk digital dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas X MM-1 SMKN 11 Malang Semester Genap Tahun 2015/2016 Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahapan yaitu rencana tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara pemberian angket minat belajar pemberian tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan cerita dalam bentuk digital dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MM-1 SMKN 11 Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari respon peserta didik yang antusias senang semangat belajar bahkan aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu minat belajar sejarah peserta didik dapat dilihat dari hasil presentase penyebaran angket minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan cerita dalam bentuk digital. Presentase angket minat belajar sebelum menggunakan cerita dalam bentuk menunjukkan sebanyak 14 05% peserta didik yang sangat berminat belajar sejarah sedangkan mereka yang tidak berminat belajar sejarah adalah sebanyak 56 44%. Presentase angket minat belajar setelah menggunakan cerita dalam bentuk digital adalah 44 2% sangat berminat dalam belajar sejarah dan peserta didik yang tidak berminat hanya sebanyak 0 8% saja. Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat diperoleh dari hasil tes yang diberikan sebelum dan setelah menggunakan cerita dalam bentuk digital. Presentase hasil belajar peserta didik dari pemberian tes sebelum menggunakan cerita dalam bentuk digital adalah sebanyak 28 125% yang sudah mencapai ketuntasan SKM 75. Presentase hasil belajar peserta didik yang mencapai ketuntasan SKM 75 mengalami peningkatan yang signifikan hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata peserta didik siklus 1 yaitu 68 75% sedangkan di siklus II yaitu 100%. Saran peneliti bagi guru sejarah SMKN 11 Malang agar menggunakan cerita dalam bentuk digital pada pelajaran sejarah sebagai alternatif dalam memberikan variasi penyampaian materi di kelas sehingga mampu meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah. ABSTRACT Alawiyah Eny Malihatul. 2016. The Use of Historical Story of Kasepuhan Cirebon Sultanate in Digital Form to Increase Interests and Learning Outcomes of Students Class X MM-1 SMKN 11 Malang Semester Year 2015/2016. Department of History Faculty of Social Sciences State University of Malang. Supervisor (1) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (1I) Drs. Ismail Lutfi M.A. Keywords Digital Story Learning Interest Learning Outcomes History is part of the social science that discusses events occurred in the past. Problems often occur in teaching of history is the lack of interest and historical learning outcomes of students due to the models and techniques of teaching less attractive. Based on preliminary observations conducted by researchers with the teachers of history on August 11 2015 at SMK Negeri 11 Malang precisely at the class X MM 1 the writer found that the problems occur during the learning process of history is the low interest and learning outcomes of students in learning history. It can be seen during the learning process is ongoing attention interest participation of students was less and less active engaged in learning. That is because the teaching methods was also less attractive. One alternative used by researchers together with X grade history teacher Mrs. Nikmatul makrifah in overcoming these problems is using an interesting method of teaching history to increase interest and historical learning outcomes of students. Therefore researchers want to study about the Use of Historycal Story of Kasepuhan Cirebon Sultanate in Digital Form to Increase Interests and Learning Outcomes of Class X MM-1 SMKN 11 Malang Semester Year 2015/2016 Students. Formulation of the problem in this research is how can Historycal Story of Kasepuhan Cirebon Sultanate in Digital Form to Increase Interests and Learning Outcomes of Students Class X MM-1 SMKN 11 Malang Semester Year 2015/2016 The approach taken in this study is a qualitative approach. This type of research is classroom action research (PTK). Classroom action research models used in this study is a research model developed by Kemmis and Taggart includes four stages namely planning action observation and reflection. This study was conducted in two cycles. Each cycle conducted two meetings. Data collected by observation interview questionnaire administration interest in learning test administration field notes and documentation. The results showed that the teaching of history by using the story in digital form can increase interest and historical learning outcomes of students of class X MM 1 SMKN 11 Malang. It can be seen from the response of the students were enthusiastic happy. They spirit of learning and even actively participate in learning activities. In addition interest in studying history of learners can be seen from the percentage of interest in learning questionnaire before and after using the story in digital form. Percentage questionnaire interest in learning before using the story in the form showed as much as 14.05% of students were very interested in learning the history and those who are not interested in learning the history is as much as 56.44%. Percentage questionnaire interest in learning after using the story in digital form is 44.2% and the learners who are not interested just as much as 0.8% only. While the learning outcomes of learners can be obtained from the results of tests given before and after using the story in digital form. Percentage of learning outcomes of students from giving the test before using the story in digital form is as much as 28 125% already achieve mastery SKM 75. Percentage of learning outcomes of students who achieve mastery SKM 75 experienced a significant increase it can be seen from a comparison of the average value of learners cycle 1 is 68 75% while in the second cycle II is 100%. In addition researcher suggestion for the history teacher SMKN 11 Malang in order to use the method of story in digital form on the history subject lessons as an alternative in delivering material of content in class in order to increase the interest and learning outcomes of history subject.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54958

Actions (login required)

View Item View Item