Penerapan model pembelajaran SAVI dengan media video dalam mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI-IIS 1 SMA Negeri 2 Malang semester genap 2015-2016 / Elsa Putri Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran SAVI dengan media video dalam mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI-IIS 1 SMA Negeri 2 Malang semester genap 2015-2016 / Elsa Putri Anggraeni

Anggraeni, Elsa Putri (2016) Penerapan model pembelajaran SAVI dengan media video dalam mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI-IIS 1 SMA Negeri 2 Malang semester genap 2015-2016 / Elsa Putri Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Elsa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran SAVI dengan Media Video dalam Mata PelajaranSejarahuntukMeningkatkanMotivasiBelajar di Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Malang Semester Genap 2015 2016. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. KasimanuddinIsmain M.Pd (II) NajibJauhari S.Pd M.Hum. Kata Kunci model pembelajaran SAVI media video motivasibelajar Kebijakanpemerintahmenetapkanmatapelajaransejarah Indonesia danpeminatandalamKurikulum 2013 merupakansuatulangkahuntukmengetahuimasalalubangsa Indonesia. Kurangnyakesadaransiswamembuatpelajaransejarahkurangdiminati halinidikarenakansiswamemilikimotivasi yang rendah. Permasalahansamadijumpai di kelas XI IIS 1 SMAN 2 Malang. Metodeataumodel yangdipakai guru dalampembelajaranmasihmenggunakanmetode yang tradisionalseperticeramahdankuranginovatifsehinggamembuatsiswamerasabosan. Gunameningkatkanmotivasibelajarsiswamakapenelitimenerapkan model SAVI (somatic auditory visuallizations intellectually) dengan media video. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapenerapan model pembelajaran SAVI dengan video dapatmeningkatkanmotivasibelajarkelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Malang semester genap 2015-2016. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpeningkatanmotivasibelajarserta model pembelajaran SAVI di kelas XI IIS SMA Negeri 2 Malang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiridariduasiklus. Setiapsiklusterdiridariperencanaan pelaksanaantindakan observasi refleksi. Penelitianinidilakukan di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Malang dengansubyeksiswa 29 orang sertateknikpengumpulan data yaitulembarcatatanlapangan lembaraktivitassiswa dokumentasi danwawancara. Analisa data yang digunakanadalahdeskriptifkualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) padasiklus I aktivitassiswadalampenerapan model SAVI menunjukkankeberhasilantindakan 52% dengankategoricukupsedangkanpadasiklus II rata rata aktivitassiswamengalamipeningkatan 36% denganjumlahkeberhasilantindakan 88% yang termasukkategoribaiksekali. (II) motivasibelajarsiswapadasiklus I persentase aktivitas attention sebanyak 47 5% aktivitas relevance sebanyak 47 14% aktivitas confident sebanyak 67 7% dan statisfaction sebanyak 57%. Pada siklus II persentase aktivitas attentionsebanyak65 3% aktivitas relevancesebanyak 66% aktivitas confidentsebanyak81 3% aktivitas statisfaction sebanyak 76 3%. Rata -rata skor motivasi belajar pada siklus I sebesar 67 tergolongkategoricukupbaiktetapidapatditingkatkan. Padasiklus II motivasibelajarsiswaterjadipeningkatansebesar22 (32 8%)denganskor rata rata 89 termasukkategorisangatbaikdandinyatakanberhasilmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Peningkatan motivasi belajar terjadi karena siswa menggunakan gaya belajar masing-masing yaitu audio visual kinestetik. Proses pembelajaran yang menyenangkan serta aktif membuat model pembelajaran SAVI dengan media video dapat dinyatakan berhasil meningkatkan motivasi belajar XI IIS 1. Setelahpenelitiandiharapkan guru dapatberkreasidalammodel pembelajaran SAVI serta siswa lebih aktif untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54895

Actions (login required)

View Item View Item