Briliananda, Metrikasatata Vindia Debrina (2016) Penerapan media "index card match" untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan sejarah kelas X-4 SMA Negeri 8 Kediri semester genap tahun 2015-2016 / Metrikasatata Vindia Debrina Briliananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Briliananda Metrikasatata Vindia Debrina. 2016. Penerapan Media Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Sejarah Kelas X-4 SMA Negeri 8 Kediri Semester Genap Tahun 2015-2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Legawa M.Si (2) Drs. Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci Media Index Card Match hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru sejarah SMA Negeri 8 Kediri menggunakan media papan tulis lembar kerja siswa (LKS). Guru lebih memberikan ceramah dan tugas tanpa memberikan tindakan. Berdasarkan hasil obserasi ini diketahui hasil belajar kelas X-4 lebih rendah hal ini disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang aktif dan kreatif. Kebanyakan siswa cenderung bermain sendiri dan mengobrol dengan teman sehingga hasil rata-rata ulangan tengah semester siswa kelas X-4 68 64. Nilai kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh SMA Negeri 8 Kediri sehingga hasil belajar siswa menunjukan angka dibawah KKM. Solusi yang diberikan berupa penggunaan media pembelajaran Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tindakan yang dilakukan merumuskan pelaksanaan menggunakan media ICM untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan penggunaan media ICM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas X-4 dengan menerapkan media ICM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa SMA Negeri 8 Kediri kelas X-4 dengan jumlah 33 siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang sengaja dilakukan di dalam kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan melalui observasi awal perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi pada akhir tindakan untuk menyimpulkan hasil tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media ICM dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas X-4 SMA Negeri 8 Kediri. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan peningkatan 63 3% dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 19 siswa dan pada siklus II menunjukan peningkatan 93 94% dengan siswa yang tuntas 31 siswa. Berdasarkan analisis hasil belajar kelas X-4 menunjukan peningkatan belajar sebesar 30 64% setelah menerapkan media ICM .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54893 |
Actions (login required)
View Item |