Asrofi, Azky Maulida Zulfikar (2016) Persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru sejarah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel Kec. Rengel Kab. Tuban / Azky Maulida Zulfikar Asrofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulida Azky ZA. 2016. Persepsi Siswa Terhadap Gaya Mengajar Guru Sejarah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel Kec. Rengel Kab. Tuban. Skripsi Program studi Pendidikan Sejarah Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. (2) Drs. Mashuri M.Hum. Kata kunci persepsi gaya mengajar guru sejarah Pelajaran sejarah selama ini dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena di dalamnya terdapat banyak hafalan yang akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi dalam pembelajaran sejarah. Seorang guru memiliki tugas yang kompleks sehingga hanya mengejar materi saja tanpa melihat keadaan siswanya Seorang guru sebagai aspek utama dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya memiliki gaya mengajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah. Siswa atau peserta didik merupakan obyek yang mengalami suatu proses belajar serta memiliki suatu respon terhadap segala bentuk dan cara pembelajaran yang diprogramkan oleh guru. Setiap siswa memiliki respon atau persepsi yang berbeda-beda terhadap pengalaman yang dialami panca inderanya. Dengan demikian persepsi mempunyai sifat subyektif karena tergantung pada kemampuan dan keadaan diri masing- masing sehingga akan mungkin sekali suatu peristiwa yang sama akan ditafsirkan berbeda oleh siswa yang satu dengan siswa yang lainnya Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi penelitian ini meliputi siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang (MAN) Rengel yang terdiri dari 25 kelas dengan siswa sebanyak 949 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan mengambil sebanyak 10% dari jumlah populasi total sehingga didapatkan responden sebanyak 95 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada bulan movember sampai dengan bulan desember 2015 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya mengajar guru sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Rengel sudah baik dan termasuk ke dalam learner centered karena melibatkan siswa dalam menetukan jalannya kegiatan pembelajaran di kelas baik dalam aspek keterbukaan guru penyampaian materi pembelajaran penciptaan suasana pembelajaran Cara Penilaian Hasil Belajar maupun metode pembelajaran. (2) Secara umum terdapat persepsi positif siswa Madrasah Aliyah Negeri Rengel terhadap gaya mengajar guru sejarah. Didapatkan persepsi baik sebanyak 46 siswa (49%) persepsi sangat baik sebanyak 42 siswa (43%) persepsi sedang sebanyak 7 siswa (7%) dan tidak didapatkan responden yang memliki persepsi kurang terhadap gaya mengajar guru sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Rengel Untuk saran dalam penelitian ini yaitu (1) Guru sejarah di Madrasah Aliyah Rengel sebagian besar sudah menggunakan kecenderungan learner centered gaya mengajar ini sebaiknya dipertahankan atau dikembangkan agar bisa membuat siswa tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah. Sedangkan guru yang masih menerapkan gaya mengajar Teacher Centered sebaiknya mencoba untuk menggunakan gaya mengajar yang lebih mengarah pada Learner Centered agar bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sejarah sehingga siwa tidak mengalami kebosanan dan bisa memahami materi sejarah secara efektif. Sehingga dapat meraih prestasi belajar yang terbaik (2) Bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas seta menambah indikator yang digunakan sebagai variabel penelitian karena indikator gaya mengajar guru masih sangat luas dan banyak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54849 |
Actions (login required)
View Item |