Ani, Aris Windari (2013) Etnografi kelas dalam problematika pembelajaran IPS terpadu bidang sejarah di SMP Negeri 2 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi / Aris Windari Ani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ani Aris Windari. 2013. Etnografi Kelas dalam Problematika Pembelajaran IPS Terpadu Bidang Sejarah di SMP Negeri 2 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M.Pd. M.Si. (II) Waskito S.Sos. M.Hum. Kata Kunci etnografi kelas problematika pembelajaran IPS Terpadu bidang sejarah. SMP Negeri 2 Tegalsari merupakan sebuah sekolah menengah pertama yang terletak di Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Tegalsari. Sekolah ini termasuk sekolah pinggiran karena letaknya jauh dari pusat kota. Siswa-siswi di sekolah tersebut cenderung pasif ketika proses pembelajaran IPS Terpadu berlangsung. Pasifnya siswa-siswa dalam pembelajaran tersebut tentunya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang etnografi kelas dalam problematika yang terjadi pada saat proses pembelajaran IPS Terpadu berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah etnografi kelas dalam problematika pembelajaran IPS Terpadu bidang Sejarah di SMP Negeri 2 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi (2) Bagaimanakah problematika belajar yang dihadapi dalam pembelajaran IPS Terpadu bidang Sejarah di SMP Negeri 2 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi (3) Bagaimanakah cara mengatasi problematika pembelajaran IPS Terpadu bidang Sejarah pada siswa SMP Negeri 2 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah etnografi. Penelitian etnografi merupakan sebuah penelitian yang menggunakan serangkaian metode dan teknik penelitian karena karakteristik dari objek yang diteliti bersifat dinamis. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian ini sebagai instrumen kunci dan fokus penelitian ini bersifat holistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa (1) Etnografi kelas yang terjadi di SMP Negeri 2 Tegalsari meliputi kegiatan guru dan siswa di dalam kelas kondisi sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Proses pembelajaran IPS Terpadu yang terjadi di sekolah tersebut masih pembelajaran searah yang cenderung identik dengan teori pembelajaran behaviorisme dan pendidikan kaum tertindas. Kondisi sekolah cukup memadai untuk proses pembelajaran. Lingkungan sekolah kondusif untuk pembelajaran namun masyarakat tidak bagus untuk pembelajaran. (2) Problematika utama yang dialami SMP Negeri 2 Tegalsari adalah angka kelulusan minat dan motivasi belajar siswa rendah latar belakang guru IPS Terpadu tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. (3) Solusi yang telah dikeluarkan oleh sekolah ini adalah menyelenggarakan program wajib bimbingan untuk kelas IX dan jam tambahan di pagi hari kerjasama dengan pihak Koramil kepolisian dan Puskesmas serta para guru sering mengikuti work shop. Berdasarkan hasil kajian dalam penelitian ini terdapat beberapa saran yaitu (1) Penulis berharap kepada Dinas Pendidikan agar mempertimbangkan kondisi di sekolah dalam membuat suatu kebijakan. (2) Kepada para guru agar tidak malas untuk menggali potensi anak didik mereka. (3) Untuk peneliti yang selanjutnya disarankan agar lebih mengembangkan penelitian tentang etnografi kelas yang berbeda fokusnya dengan penelitian ini. Seperti misalnya mengangkat topik tentang etnografi komunikasi dalam sebuah lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54667 |
Actions (login required)
View Item |