Pramesti, Zuni (2013) Pelaksanaan kurikulum Tamansiswa: Studi kasus di Perguruan Tamansiswa Tulungagung tahun ajaran 2012-2013 / Zuni Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pramesti Zuni. 2013. Pelaksanaan Kurikulum Tamansiswa Studi Kasus Di Perguruan Tamansiswa Tulungagung Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi Jurusan Sejarah. Program Studi Pendidikan Sejarah. FIS.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (II) Drs. Mashuri M.Hum Kata Kunci Kurikulum Tamansiswa Tulungagung 12288 12288 12288 12288 Tamansiswa merupakan suatu perguruan yang mempunyai ciri khas dalam kurikulumnya yaitu adanya pelajaran ketamansiswaan pendidikan budi pekerti dan mencintai budaya lokal. Adanya keistimewaan tersebut seharusnya mampu menjadikan Perguruan Tamansiswa sebagai salah satu alternatif pilihan sekolah yang diminati oleh masyarakat. Namun pada kenyataannya Perguruan Tamansiswa tidak mendapat sambutan yang hangat dari banyak masyarakat sehingga keadaannya terpuruk. Berangkat dari masalah ini peneliti tertarik untuk mengetahui penyebab keterpurukan dari Tamansiswa khususnya Tamansiswa cabang Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum Tamansiswa Perguruan Tamansiswa Tulungagung khusunya di Taman Indriya di Taman Dewasa dan di Taman karya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif study kasus. Penelitian Kualitatif dipilih karena dalam penelitian ini meneliti mengenai kualitas dari Perguruan Tamansiswa Tulungagung khususnya pada penerapan kurikulumnya. Dalam penelitian peneliti mengandalkan pada sumber data primer dan skunder. Sumber primer terdiri dari penelitian langsung wawancara catatan lapangan dan disertai dengan dokumentasi berupa foto-foto terkait hasil penelitian. Sedangkan sumber sekunder terkait dengan sumber-sumber bacaan yang relefan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Proses analisis data pada penelitian ini dimulai dari penelaahan seluruh data yang ada baik data dari hasil wawancara pengamatan dokumen resmi dan foto. Dari data yang sudah terkumpul dibuatlah rangkuman. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data analisis tersebut hasil penelitian sebagai berikut penerapan kurikulum pada Taman Indriya di Perguruan Tamansiswa Tulungagung dapat dikatakan sesuai dan tidak bergeser dari nilai dan azas Tamansiswa Ki Hajar Dewantara. Sebab pada pelaksanaan kurikulum Taman Indriya menitik beratkan pada materi mencintai budaya lokal serta sistem among sangat diterapkan. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan kurikulum pada Taman Dewasa dan Taman Karya berbeda hal dengan Taman Indriya. Pada Taman Dewasa dan Taman Karya kurikulum sedikit bergeser sebab berdasarkan pada Peraturan Besar Tamansiswa Yogyakarta mewajibkan setiap cabang untuk memberikan materi mengenai ketamansiswaan dan budi pekerti serta mencintai budaya lokal. Pada praktinya materi ketamansiswaan dan budi pekerti yang diberikan di Taman Dewasa dan Taman Karya tidak bisa secara maksimal sebab pemberi materi (pamong) bukan berasal dari sarjana wiyata yang kurang berkompeten pada materi tersebut. Selain itu materi mengenai budaya lokal tidak diberikan pada Taman Dewasa dan Taman Karya dikarenakan tempat dan biaya yang kurang memadahi. Hal ini jelas terlihat bahwa pada penerapan kurikulum di Taman Dewasa dan Taman Karya sedikit bergeser dengan ajaran Tamansiswa Ki Hajar Dewantara. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan kurikulum pada Taman Indriya tidak bergeser dari peraturan Yayasan Tamansiswa Ki Hajar Dewantara sebab dalam pelaksanaan kurikulumnya diadakan materi mengenai mengenai cinta budaya lokal dengan mengedepankan sistem among dalam pembelajarannya. Sedangkan pada Taman Dewasa dan Taman Karya pelaksanaan kurikulumnya cenderung bergeser pada aturan Yayasan Tamansiswa sebab pemberian materi mencintai budaya lokal yang sejatinya menjadi tujuan Perguruan Tamansiswa Ki Hajar Dewantara tidak dilaksanakan. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk penelitian selanjutnya dengan adanya kajian ini diharapkan untuk ke depannya dapat memberikan inspirasi kepada peneliti-peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian mengenai Perguruan Tamansiswa bisa mengangkat tema mengenai pelaksanaan kurikulum Perguruan Tamansiswa pada tahun-tahun ajaran berikutnya. Sehingga dapat diketahui perkembangan kurikulum di Perguruan Tamansiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54647 |
Actions (login required)
View Item |