Chalimi, Ika Rahmatika (2012) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan multikultural pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang Kalimantan Barat / Ika Rahmatika Chalimi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan bahan ajar pendekatan multikultural pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi Dalam konteks pendidikan bahwa persoalan sosial dalam masyarakat akan dapat diperbaiki melalui proses pendidikan. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sumber belajar yang dapat mendukung pembelajaran berbasis multikultural. Salah satu caranya yaitu dimulai dari penyusunan bahan ajar yang lebih mengarah pada upaya menghargai perbedaan diantara sesama manusia sehingga terwujud ketenangan dan ketentraman tatanan kehidupan masyarakat. Maka dari itu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar yang didasarkan pada realitas multikultural dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Singkawang atas dasar karena memiliki keanekaragaman dari berbagai aspek juga rendahnya minat siswa terhadap pelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini yaitu (1) bagaimana proses pengembangan bahan ajar dengan pendekatan multikultural untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang (2) bagaimana penerapan bahan ajar sejarah dengan pendekatan multikultural untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang (3) apakah bahan ajar dengan pendekatan multikultural untuk siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 3 Singkawang yang dikembangkan memghasilkan produk yang layak digunakan sehingga dapat menanamkan nilai-nilai multikulturalisme dalam diri siswa. Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan multikultural ini mengikuti tahapan pengembangan sebagai berikut (1) Analisis studi pustaka dan survei lapangan (2) mempelajari SK dan KD bidang kajian (3) Memilih atau menetapkan tema pemersatu (4) Membuat peta konsep (5) Membuat isi bahan ajar (6) tes dan revisi bahan ajar (7) produksi bahan ajar. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket wawancara dan soal pretest dan postest. Subjek uji coba dalam pengembangan bahan ajar ini ada 3 yaitu ahli bahan ajar ahli materi dan siswa dengan menggunakan instrumen angket. Sasaran produk ialah siswa Kelas XII program IPS dan guru SMA Negeri 3 Singkawang. Hasil belajar dan penanaman nilai multikultural didapat dengan menggunakan instrumen soal pretest dan postest dan wawancara dengan siswa dan guru. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas uji homogenitas dan uji t-hitung. Alokasi pembelajaran yang diberikan adalah 4x45 menit. Setiap tatap muka 2x45 menit digunakan secara maksimal untuk mempelajari materi dan tugas-tugas yang ada dalam modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini secara keseluruhan mendapatkan penilaian 90 48 (valid) dari ahli bahan ajar 81 02 (valid) dari ahli
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54551 |
Actions (login required)
View Item |