Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat mempelajari sejarah pada siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang tahun ajaran 2008-2009 / Agustin Anik Arti Ashe - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat mempelajari sejarah pada siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang tahun ajaran 2008-2009 / Agustin Anik Arti Ashe

Ashe, Agustin Anik Arti (2010) Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat mempelajari sejarah pada siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang tahun ajaran 2008-2009 / Agustin Anik Arti Ashe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ashe Agustin Anik Arti. 2009. Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS (Sejarah) Untuk Meningkatkan Minat Mempelajari Sejarah Pada Siswa Kelas VIII MTs Muallimat Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. Pembimbing (II) Drs. Marsudi M. Hum Kata Kunci Metode Role Playing Minat IPS (Sejarah) MTs Muallimat Malang merupakan salah satu sekolah atau madrasah yang proses pembelajaran untuk mata pelajaran IPS (Sejarah) di kelas VIII masih menggunakan metode ceramah pemberian tugas dan diskusi. Dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi setiap aktifitas belajar mengajar sedangkan siswa bersifat pasif sehingga proses pembelajaran kurang optimal. Hal ini mengakibatkan turunnya minat belajar siswa kelas VIII terhadap mata pelajaran IPS (Sejarah). Oleh karena itu kekurangan dari metode ceramah dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPS (Sejarah) dapat disempurnakan dengan menggunakan metode role playing. Pembelajaran menggunakan metode role playing dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan juga mendapatkan pengalaman sehingga siswa memperoleh ide dan konsep-konsep tentang pelajaran yang sedang diterimanya. Berdasarkan penjelasan tersebut di atas dirumuskan permasalahan sebagai berikut 1) Bagaimanakah penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS (Sejarah) untuk siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang 2) Bagaimanakah peningkatan minat siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang pada mata pelajaran IPS (Sejarah) setelah diterapkan metode role playing Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang 2) Mengetahui peningkatan minat siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muallimat Malang dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi angket catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa yang cukup signifikan di semua aspek yaitu kualitas pemeranan kesesuaian peran analisis pemeranan ketertarikan dan merasa senang. Hal itu dapat di lihat pada siklus pertama prosentase rata-rata minat siswa MTs Muallimat Malang kelas VIII terhadap mata pelajaran IPS (Sejarah) sebesar 57 17 %. Sedangkan pada siklus kedua prosentase rata-rata minat siswa MTs. Muallimat Malang kelas VIII terhadap mata pelajaran IPS (Sejarah) sebesar 88 20 % sehingga dalam hal ini terjadi peningkatan minat belajar sebesar 31 03 %. Mengacu pada hasil analisis dari penelitian yang dilakukan dapat disarankan kepada guru khususnya guru mata pelajaran IPS (Sejarah) kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk lebih berupaya terbuka menerima dan menggunakan metode role playing demi tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melaksanakan penelitian serupa diharapkan mengembangkan dan memperluas pokok bahasan penelitiannya agar dapat mengungkapkan hal-hal yang terkait tentang metode role playing yang belum terungkap dari penelitian ini sehingga hasil penelitiannya dapat lebih relevan dengan fakta pendidikan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54496

Actions (login required)

View Item View Item