Fitriyah, Nur Laili (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) sebagai upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X 1 pada mata pelajaran sejarah di MAN Mojosari, Mojokerto / Nur Laili Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan peneliti pada guru dan siswa kelas X1 MAN Mojosari metode yang sering digunakan guru dalam pembelajaran sejarah adalah metode ceramah. Metode ceramah membuat siswa berperan sebagai pendengar dalam proses pembelajaran di MAN Mojosari. Metode tersebut tidak cocok diterapkan di kelas X1 MAN Mojosari. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat membangkitkan gairah siswa untuk belajar sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mempergunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa karena model Think Pair Share ini terdiri atas tahapan-tahapan yaitu tahap berpikir secara individu tahap berpasangan dan tahap berbagi. Setiap tahapan dalam model menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak cenderung pasif. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana aktivitas belajar siswa kelas X1 tahun ajaran 2007/2008 sebelum penerapan model Think Pair Share (2) bagaimana proses penerapan pembelajaran model Think Pair Share di kelas X 1 MAN Mojosari tahun ajaran 2007/2008 pada pokok bahasan Peradaban Awal Masyarakat Indonesia (3) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X 1 pada mata pelajaran sejarah di MAN Mojosari tahun ajaran 2007/2008 pada pokok bahasan asal Peradaban Awal Masyarakat Indonesia setelah penerapan pembelajaran model Think Pair Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 MAN Mojosari yang berjumlah 44 siswa. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan taknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan prosentase keberhasilan tindakan yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa yang dilakukan peneliti di mana prosentase skor klasikal aktivitas siswa kelas X1 naik dari 72% dengan kriteria cukup baik pada siklus I menjadi 82% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar dilakukan penelitian lagi mengenai model Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah untuk memantapkan hasil yang sudah diperoleh sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54453 |
Actions (login required)
View Item |