Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis geografi pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang / Ari Enggarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis geografi pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang / Ari Enggarwati

Enggarwati, Ari (2017) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis geografi pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang / Ari Enggarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ari Enggarwati. 2017 Penerapan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Siswa Pada Kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Geografi Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Drs. Marhadi Slamet Kristiynto M.Si Kata Kunci Discovery Learning Kemampuan Berfikir Analitis Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada semester genap 2016/2017 di kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang diketahui kemampuan berfikir analitis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu untuk mengasah kemampuan berfikir analitis siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berfikir analitis adalah model discovery learning.Penerapan discovery learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang yang berjumlah 31. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari enam langkah. Data yang dianalisis adalah kemampuan berfikir analitis siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian ini terdiri dari lima soal essai yang telah diujikan setelah diberi tindakan model discovery saat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil kemampuan berfikir analitis siswa mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang. Rata-rata nilai kemampuan berfikir analitis siswa pada siklus I adalah 78 1 Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85 9 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa kelas XII IPS 3 SMAN 7 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat dua kendala pertama dalam pelaksanan discovery Learning . kendala yang pertama adalah penggorganisasian kelompok. Kendala kedua menyajikan hasil karya. Dengan demikian perlu adanya antisipasi dari guru untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53567

Actions (login required)

View Item View Item