Firmansyah, Mokhamad (2017) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X-IIS 1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Mokhamad Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firmansyah Mokhamad. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X-IIS 1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. Kata kunci Model Pembelajaran Discovery dan Kemampuan Berpikir Analitis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru yang menyebabkan siswa tidak bisa mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Sehubungan dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Geografi di kelas X-IIS 1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan penelitian pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IIS 1 SMAN 1 Lawang dengan jumlah 33 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir analitis lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa secara klasikal yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir analitis setiap siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa yang diketahui dari hasil tes kemampuan berpikir analitis. Dari nilai tes kemampuan analitis sebelumnya siswa memperoleh nilai rata-rata 64 21 yang termasuk dalam klasifikasi C- dan ini belum menerapkan model pembelajaran Discovery. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 67 yang termasuk dalam klasifikasi C dengan peningkatan 11 61%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81 21 yang termasuk dalam klasifikasi B dengan peningkatan 24 92%. Indikator kemampuan berpikir analitis seperti memerinci atau memisahkan suatu fenomena dan mengaitkan unsur-unsur dalam fenomena/permasalahan secara logis dan menggambarkan fenomena secara komprehensif terdapat pada jawaban siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X-IIS 1 SMAN 1 Lawang. Saran pada penelitian ini adalah memberikan pendampingan yang lebih kepada siswa terutama kepada siswa yang belum pernah mendapatkan model pembelajaran ini. Pemilihan materi juga harus diperhitungkan agar nantinya tidak menyita banyak waktu karena tidak semua materi cocok dengan pembelajaran ini. ABSTRACT Firmansyah Mokhamad. 2017. The Implementation of Discovery Learning Model to Improve Analytical Thinking Skill of Students of X-IIS 1 SMAN 1 Lawang Malang Regency. Thesis Department of Geography Faculty of Social Sciences Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dra. Ariani Yuswanti Wirahayu M.Si. (II) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd. Keywords Discovery Learning Model and Analytical Thinking Skill This research is motivated by the existence of problems that is this analytical thinking skill. Low analytical thinking skill of students is because the learning activity is still dominated by teachers which does not lead student cant improve the analytical thinking skill. Related to that problem this research aims to improve students analytical thinking skill by applying Discovery learning model on geography subject in class X-IIS 1 SMAN 1 Lawang Malang. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of planning implementation observation and reflection. The subject were 33 students of X-IIS 1 SMAN 1 Lawang. Instrument used in this research were analytical thinking skill test observation sheets and field notes. The data analysis techniques were in form of measuring analytical thinking skill based on classical learning completeness of students which is presented in percentage and measuring the improvement of analytical thinking skill in each cycle. The results improvement of analytical thinking skill of students which is known from the results of analytical thinking skill test. From the score of previous Daily Test the students get average score of 64.21 is included in the classification C- in which Discovery learning model has not been implemented yet. In cycle I the average score obtained was 71.67 is included in the classification C with improvement of 11.61%. In the second cycle the average score obtained was 81.21 is included in the classification B with improvement of 24.92%. Indicators of analytical thinking ability such as detailing or separating a phenomenon and linking elements in the phenomenon / problem logically and describing the phenomenon comprehensively found in the student s answer. Based on data analysis and discussion it can be concluded that Discovery learning can improve analytical thinking skill of students of X-IIS 1 SMAN 1 Lawang. From this research it can be suggested that provide more assistance to students especially to students who have not received this learning model. Election material must also be taken into account so that they would not take a lot of time because it does not all fit with this learning material.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53558 |
Actions (login required)
View Item |