Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan gambar terhadap pemehaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA / Siti Aminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan gambar terhadap pemehaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA / Siti Aminah

Aminah, Siti (2016) Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan gambar terhadap pemehaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA / Siti Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aminah Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Gambar terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Think Pair Share gambar pemahaman konsep Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep yang cukup tinggi karena pemahaman konsep merupakan syarat untuk pengkajian materi yang lebih mendalam. Perlu adanya model dan media pembelajaran untuk membuat peserta didik menjadi lebih mudah memahami pesan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Think Pair Share dipadukan dengan media pembelajaran yaitu gambar. Alasan peneliti memilih model pembelajaran Think Pair Share berbantuan gambar untuk dieksperimenkan karena adanya beberapa pertimbangan yaitu model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada setiap tingkat kemampuan berpikir dan peserta didik diberi kesempatan untuk bekerja sendiri serta melakukan kolaborasi antara peserta didik dengan pihak lain dalam membangun pengetahuannya melalui interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan gambar terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA. Metode penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan pre-test dan post-test control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS SMAN 1 Batu kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas adalah 30 peserta didik. Instrumen pengukuran pemahaman konsep menggunakan soal tes uraian yang berjumlah 6 soal. Analisis data mencakup uji prasyarat dan uji hipotesis dengan independent sample t-test berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantuan gambar berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika hidrosfer. Pernyataan tersebut terbukti dengan rata-rata gain score kelas eksperimen yaitu 24.1 kelas kontrol yaitu 14.8333. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Independent Samples t-test didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi adalah 0.000 taraf signifikansi 0.05. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan gambar berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53468

Actions (login required)

View Item View Item