Choliq, Achmad Faisol (2016) Pengaruh model pembelajaran time token terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Malang / Achmad Faisol Choliq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Choliq Achmad Faisol. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si Kata Kunci Time Token Keaktifan Hasil Belajar Pendidikan adalah usaha yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha untuk meningkatkan sumber daya adalah dengan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran merupakan proses interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru agar peserta didik mendapat pengalaman belajar dari kegiatan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Pembelajaran dapat mendidik peserta didik menjadi pribadi yang mempunyai intelektual dan perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 6 Malang dan penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan peserta didik dan soal-soal tes yaitu pra-tes dan pasca-tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova satu jalur (One Way Anova) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Malang. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji anova keaktifan peserta didik yang didapat nilai sebesar p (0 030
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53444 |
Actions (login required)
View Item |