Fadilah, Nur (2016) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang / Nur Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadilah Nur. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto. SH. M.Pd. M.Si. (2) Drs. M Yusuf Idris. Kata Kunci Problem Based Learning Minat belajar Kemampuan Berpikir Analitis Minat belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang kurang berprestasi bukan disebabkan oleh kurangnya kemampuan melainkan disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa. Selain itu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir analitis namun faktanya kemampuan berpikir analitis pelajar Indonesia masih lemah. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 15 September 2014 di kelas XI IPS MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang diketahui bahwa pembelajaran Geografi masih menggunakan metode ceramah dan sesi tanya jawab pada akhir pembelajaran. Pada saat pembelajaran dari total 31 siswa terdapat 5 siswa yang terlihat mengantuk 4 siswa mengobrol dengan temannya 4 siswa terlihat melamun serta 2 siswa bermain HP. Hanya ada 16 siswa yang tampak memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Pada sesi tanya jawab diakhir pembelajaran siswa cenderung asal menjawab pertanyaan guru dengan mengemukakan pendapat yang terlintas dibenaknya tanpa dianalisis terlebih dahulu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana tahapannya yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni kelas XI IPS MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah 31 siswi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket minat belajar yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah tindakan serta soal tes kemampuan berpikir analitis yang diberikan kepada siswa disetiap selesainya siklus. Analisis penelitian menggunakan perbandingan rata-rata nilai minat belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor sebelum tindakan sebesar 62 04 dan setelah tindakan sebesar 81 13. Hal tersebut menunjukkan terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 30 77%. Sedangkan peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa dapat dilihat dari rata-rata nilaisetelah tindakan siklus I sebesar 65 81 dan setelah tindakan siklus II sebesar 85 48. Hal tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir analitis sebesar 29 89%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53398 |
Actions (login required)
View Item |