Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan LKS bergambar disertai teks terhadap hasil belajar geografi siswa SMP/MTs / Ayu Listriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan LKS bergambar disertai teks terhadap hasil belajar geografi siswa SMP/MTs / Ayu Listriani

Listriani, Ayu (2013) Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan LKS bergambar disertai teks terhadap hasil belajar geografi siswa SMP/MTs / Ayu Listriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) LKS Bergambar Disertai Teks Hasil Belajar. Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) berbantuan LKS bergambar disertai teks adalah model pembelajaran yang menekankan guru harus menguasai informasi untuk mentrasfer ilmu kepada siswa melalui LKS bergambar disertai teks yang terdiri dari 5 fase proses pembelajaran yaitu 1) Menyampaikan tujuan dan Mempesiapkan siswa 2) Menjelaskan pengetahuan dan keterampilan 3) Membimbing pelatihan 4) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik 5) Memberi kesempatan untuk pelatihan dan penerapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction berbantuan LKS bergambar disertai teks terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi MTs Negeri 1 Munjungan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi (quasi experimenal design) dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2013 dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penilaian hasil belajar Geografi menggunakan pre-test dan post-test. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji t (t-test) tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar (Gain Score) siswa kelas eksperimen sebesar 40 31dan 34 59 pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0 037

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53085

Actions (login required)

View Item View Item