Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Jigsaw (Tim Ahli) pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Heviana Putri Natyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Jigsaw (Tim Ahli) pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Heviana Putri Natyasari

Natyasari, Heviana Putri (2013) Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Jigsaw (Tim Ahli) pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Heviana Putri Natyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar Two Stay Two Stray Jigsaw Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen 1 dan satu kelas eksperimen 2 siswa kelas X SMAN 1 Kauman. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 17.00 for Windows. Dari hasil uji-t didapatkan nilai probabilitas sebesar 0 000 yang berarti bahwa Ho ditolak berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model Two Stay Two Stray dan Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran hasil Jigsaw lebih tinggi daripada model TSTS kondisi ini dapat dilihat dari rata-rata kedua kelas yang berbeda. Kelas model Jigsaw mempunyai rata-rata hasil belajar kelas lebih tinggi yaitu 40 5 sedangkan kelas model TSTS sebesar 30 4. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan Model Jigsaw dan Two Stay Two Stray sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengujicobakan kedua model pada materi berbeda dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi serta mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari kedua model terutama model Jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53071

Actions (login required)

View Item View Item