Pengembangan media komik geografi topik lingkungan untuk siswa SMP kelass VIII / Tantri Christiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komik geografi topik lingkungan untuk siswa SMP kelass VIII / Tantri Christiani

Christiani, Tantri (2013) Pengembangan media komik geografi topik lingkungan untuk siswa SMP kelass VIII / Tantri Christiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media komik lingkungan SMP kelas VIII Pembelajaran topik lingkungan cenderung masih bersifat verbalistis. Padahal berdasarkan analisis materi terdapat 4 sub pokok bahasan yang akan sulit dipahami oleh siswa tanpa bantuan media gambar. Penyampaian materi yang didominasi simbol verbal berpotensi menyebabkan terjadinya kekurangberhasilan atau bahkan kegagalan penafsiran. Sedangkan simbol visual dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman. Media komik merupakan media visual yang memiliki keunggulan yaitu visualisasi di dalam komik dapat digunakan untuk menarik minat baca siswa visualisasi akan memudahkan siswa memahami konsep-konsep lingkungan serta media ini disukai oleh siswa sehingga komik akan lebih menarik dan memotivasi siswa untuk memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk media pembelajaran komik geografi topik lingkungan yang dapat meningkatkan minat baca siswa dan memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep lingkungan. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model ini menggariskan langkah-langkah umum yang harus diikuti untuk menghasilkan produk yang terdiri dari kegiatan analisis materi pembelajaran perumusan tujuan desain media produksi prototipe media validasi revisi uji coba dan produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif yang diperoleh dari uji coba produk. Data yang dihasilkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) visualisasi di dalam komik sudah cukup representatif 2) materi yang ada di dalam komik sudah mencukupi 3) perlu dilakukan revisi untuk lebih mengoptimalkan visualisasi dan penyajian materi di dalam komik 4) media terkategori cukup layak karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata sebelum menggunakan media adalah 44 menjadi 70 setelah menggunakan media 5) media terkategori valid karena persentase angket berada pada rentang 80-100%. Dengan demikian disimpulkan bahwa produk valid dan cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran geografi di SMP kelas VIII dengan penambahan sesuatu yang kurang melakukan pertimbangan tertentu dan perubahan yang dilakukan tidak terlalu besar dan tidak mendasar. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah (1) sebelum memanfaatkan komik hendaknya siswa membaca terlebih dahulu petunjuk pemanfaatan komik (2) untuk membuat komik mudah didapatkan banyak pihak maka komik disebarluaskan melalui forum MGMP dan diupload di internet (3) untuk pengembangan yang akan datang produk dapat dibuat pada materi lain dengan proses menggambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53048

Actions (login required)

View Item View Item