Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman manggis (Garcinia mangostana L.) di Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur / Novia Kresnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman manggis (Garcinia mangostana L.) di Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur / Novia Kresnawati

Kresnawati, Novia (2005) Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman manggis (Garcinia mangostana L.) di Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur / Novia Kresnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kualitas pembelajaran hasil belajar dan sikap peduli lingkungan KTSP mendukung adanya pendidikan tentang lingkungan hidup. Nilai pendidikan karakter peduli lingkungan meliputi sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi. Seluruh satuan pendidikan menerapkan pendidikan karakter bangsa termasuk di SMA Negeri 1 Ponorogo. Perilaku siswa di SMA Negeri 1 Ponorogo masih belum sadar lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang masih banyak membuang sampah sembarangan tiap pagi jam pelajaran pertama kelas masih kotor. Keadaan kamar mandi siswa juga kotor dan berbau. Di saat jam istirahat siswa suka jajan di luar sekolah dengan bungkus plastik setelah jajan habis siswa akan membuang sampah plastik tersebut di sekitar tempat dia berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) korelasi kualitas pembelajaran Georafi dengan sikap peduli lingkungan siwa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ponorogo (2) korelasi hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ponorogo (3) korelasi kualitas pembelajaran Geografi dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ponorogo (4) korelasi kualitas pembelajaran Georafi dan hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan dua variabel bebas yaitu proses pembelajaran Geografi (X1) dan hasil belajar materi lingkungan hidup (X2) serta menggunakan satu variabel sikap peduli lingkungan. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/ 2013 berjumlah 72 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner dan tes. Sebelum tes dan angket disebarkan untuk pengambilan data dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk angket yang akan digunakan. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya korelasi positif antara kualitas pembelajaran Geografi dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo (2) terdapat korelasi positif antara hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo (3) tidak ada korelasi yang signifikan antara kualitas pembelajaran Geografi dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pembelajaran Geografi dan hasil belajar terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa hal yang dapat disarankan yaitu (1) Perlunya selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi yang bermuatan lingkungan di SMA Negeri 1 Ponorogo karena berdasarkan penelitian ini kualitas pembelajaran geografi berkorelasi dengan pembentukan sikap siswa untuk peduli lingkungan (2) Karena pemahaman siswa tentang lingkungan hidup dapat menciptakan generasi muda yang peduli lingkungan maka perlu membekali siswa SMA Negeri 1 Ponorogo dengan pengetahuan tentang lingkungan hidup terlebih baik itu dalam mata pelajaran Geografi atau pelajaran yang lainnya. Tujuan Penelitian ini adalah (1) korelasi kualitas pembelajaran Georafi dengan sikap peduli lingkungan (2) korelasi hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan (3) korelasi kualitas pembelajaran Geografi dengan hasil belajar (4) korelasi secara serempak kualitas pembelajaran Georafi dan hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan. Data dikumpulkan melalui angket dan tes dari 72 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo dianalisis dengan regresi. Hasil penelitian adalah (1) adanya korelasi positif kualitas pembelajaran Geografi terhadap sikap peduli lingkungan (2) terdapat korelasi positif hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan (3) tidak ada korelasi yang signifikan kualitas pembelajaran Geografi dengan hasil belajar (4) terdapat korelasi secara serempak kualitas pembelajaran Geografi dan hasil belajar terhadap sikap peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52689

Actions (login required)

View Item View Item