Program Pasuruan sebagai kota layak anak (studi kasus penguatan hak anak sebagai wujud pembangunan daerah) / Monica Widyaswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Program Pasuruan sebagai kota layak anak (studi kasus penguatan hak anak sebagai wujud pembangunan daerah) / Monica Widyaswari

Widyaswari, Monica (2017) Program Pasuruan sebagai kota layak anak (studi kasus penguatan hak anak sebagai wujud pembangunan daerah) / Monica Widyaswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyaswari Monica. 2017. Program Pasuruan Sebagai Kota Layak Anak (Studi Kasus Penguatan Hak Anak Sebagai Wujud Pembangunan Daerah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umi Dayati M.Pd. (II) Dr. Hardika M.Pd. Kata Kunci KLA (Kota Layak Anak) pembangunan daerah Kota Pasuruan KLA (Kota Layak Anak) adalah sistem pembangunan daerah melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Dalam hal ini pengasuhan untuk memenuhi hak anak tidak hanya didukung dari pihak orangtua dan keluarga namun diperlukan dukungan dari pihak pemerintah dan masyarakat untuk diakomodir oleh kota. Berkaitan dengan hal ini maka peneliti melakukan penelitian terkait program KLA di Kota Pasuruan. Kota Pasuruan menjadi setting penelitian sebab telah mengembangkan kota layak anak sejak tahun 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan terkait pengelolaan program KLA di Kota Pasuruan dan bentuk-bentuk program KLA sebagai wujud pembangunan daerah di Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk keabsahan data dilakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama aktivitas manajemen atau pengelolaan yang dilakukan oleh Kota Pasuruan mencakup lima tahap yaitu (a) perencanaan program (b) pengorganisasian pihak-pihak yang terlibat (c) pengomandoan terkait kebijakan dan pengarahan pemerintah (d) pengoordinasian sumber daya dan (e) pengendalian program. Kedua bentuk program KLA juga menjadi bagian dari upaya pembangunan daerah. Program-program tersebut disesuaikan dengan kluster dan indikator KLA. Berikut beberapa program KLA yang dilaksanakan (1) memperkuat kelembagaan (2) hak sipil dan kebebasan (3) hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif (4) hak kesehatan dasar dan kesejahteraan (5) hak pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan (6) hak perlindungan khusus. Saran terkait penelitian berikut ditujukan untuk Kota Pasuruan agar memperkuat kelembagaan meningkatkan kemitraan memperluas sosialisasi KLA dan meningkatkan pelayanan serta fasilitas ruang publik. Untuk jurusan PLS (Pendidikan Luar Sekolah) yaitu hasil penelitian berikut dapat dikembangkan menjadi bagian dari kajian ilmu PLS. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan topik penelitian berikut untuk meninjau program KLA daerah lain atau meneruskan penelitian berikut sesuai dengan perkembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item