Implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter siswa di SMPN 5 Malang / Bekti Galih Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter siswa di SMPN 5 Malang / Bekti Galih Kurniawan

Kurniawan, Bekti Galih (2013) Implementasi visi dan misi sekolah dalam membina karakter siswa di SMPN 5 Malang / Bekti Galih Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Bekti Galih. 2013. Implementasi Visi dan misi sekolah dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suparman A W SH M. Hum (II) Drs. Margono M.Pd M.Si Kata Kunci Visi Misi Pendidikan Karakter. Setiap sekolah pasti ada sebuah tujuan untuk mendidik peserta didik tujuan untuk mendidik peserta didik itulah yang dinamakan dengan visi dan misi sekolah visi merupakan tujuan suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan itulah di perlukan suatu perencanaan dan tindakan yang nyata untuk mewujudkanya peran dari visi sangat menunjang pembentukan karakter siswa sedangkan misi sekolah adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan visi. Misi sekolah adalah tujuan dan alasan mengapa sekolah itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Didalam visi dan misi sekolah terdapat pendidikan karakter yang menjadi bagian pelaksanaan sekolah tugas dari sekolah ialah membina visi dan misi yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan visi dan misi SMPN 5 malang 2) mendeskripsikan Implementasi visi dan misi SMPN 5 Malang terhadap pendidikan karakter 3) mendeskripsikan kendala Implementasi visi dan misi SMPN 5 Malang terhadap pendidikan karakter 4) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala implementasi visi dan misi SMPN 5 Malang terhadap pendidikn karakter. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan adalah untuk mengumpulkan data dari kasus yang diangkat dengan menggunakan prosedur pengumpulan data yaitu metode wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Malang yang terletak di Jl.WR.Supratman No.12 Telp (0341) 482713 Malang 65111. Sumber data dalam penelitian ini adalah Wakasek Kurikulum Kesiswaan guru Agama Tik PKn dan siswa SMP Negeri 5 Malang. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menjelaskan hasil-hasil sebagai berikut Visi SMPN 5 Malang adalah Mewujudkan sekolah unggul bertaraf internasional dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan lingkungan dengan dilandasi iman dan taqwa. Sedangkan misinya yaitu (1) Pemenuhan standar kompetensi lulusan dengan merumuskan capaian NUN terendah dan capaian lulusan yang diterima di SMA/SMK RSBI di kota Malang. (2) Pemenuhan standar isi dengan merumuskan standar kompetensi kompetensi dasar pokok materi dan indikator pembelajaran yang terwujud dalam silabus. (3) Menerapkan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. (4) Meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainya melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan. (5) Pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan layanan pendidikan yang optimal. (6) Menerapkan manajemen berbasis sekolah yang handal. (7) Pemenuhan standar pembiayaan dengan memberdayakan semua kompetensi yang dapat mendukung pembelajaran yang unggul. (8) Mengembangkan sistem penilaian yang dapat mengukur semua kemampuan siswa. (9) Menciptakan lingkungan dan budaya yang kondusif sehingga warga sekolah merasa aman dan nyaman di sekolah. (10) Melaksanakan pembelajaran bilingual untuk mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) teknologi informasi (TI). Dari visi dan misi tersebut implementasi visi dan misi terhadap pendidikan karakter adalah pengembangan IPTEK Iman dan taqwa Penerapan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) untuk mengembangkan potensi peserta didik dan Menciptakan lingkungan dan budaya yang kondusif sehingga warga sekolah merasa aman dan nyaman di sekolah. Kendala implementasi visi dan misi sekolah terhadap pendidikan karakter di SMPN 5 Malang adalah a) pemahaman siswa yang kurang tentang visi dan misi sekolah b) keterbatasan waktu pembelajaran pendidikan karakter yaitu PKn dan agama c) pengaruh dari lingkungan teman dan orang tua siswa. Solusi dalam mengatasi implementasi visi dan misi sekolah terhadap pendidikan karakter siswa di SMP Negeri 5 Malang adalah a) memasang banner yang berisikan visi dan misi sekolah agar siswa tahu visi dan misi sekolah b) Diadakannya muatan lokal berbasis pendidikan karakter yaitu iman dan taqwa dilakukan di setiap kelas pada hari rabu jam 1-2 c) Penekanan mata pelajaran yang sesuai dengan visi misi SMPN 5 Malang untuk membentuk karakter yaitu pelajaran agama TIK peran kurikulum PLH dan kertakes. Peneliti memberi saran kepada sekolah sebagai berikut (1) Sekolah sebagai wahana pembinaan dan pendidikan bagi generasi penerus bangsa seyogyanya bisa menjadi penggerak ketercapaian visi dan misi sekolah. (2) Sekolah seharusnya bisa mengenalkan visi dan misi sekolah dan bisa menjalankan pendidikan karakter yang ada pada visi dan misinya melalui mata pelajaran dan ekstrakulikuler yang ada. (3) Siswa diharapkan bisa mengerti dan memahami visi dan misi SMPN 5 Malang dan juga pendidikan karakter yang terkandung didalamnya agar bisa menerapkannya dilingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari. (4) Imbauan pesan dari Orang tua dan guru sangat penting dalam mengajarkan kebaikan serta menanamkan karakter putra-putrinya di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51748

Actions (login required)

View Item View Item