Putri, Ratna Juwita (2013) Pelayanan kesehatan melalui citizen charter di Puskesmas Tanggung Kota Blitar / Ratna Juwita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pelayanan Publik Citizen Charter Pelayanan publik merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksananakan oleh penyelenggara layanan publik sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Pada hakikatnya pemerintah merupakan pelayan kepada masyarakat. Adanya pemerintah bukan untuk melayani diri sendiri melainkan melayani masyarakat serta membentuk kondisi memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi kepentingan bersama. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengatur tentang peran masyarakat dalam pengembangan sistem pelayanan publik diantaranya sebagai bagian dari organisasi penyelenggara pengguna yang aktif serta sebagai pemangku kepentingan yang memiliki hak untuk mengadu dan ikut terlibat dalam perumusan standar pelayanan. Kementrian Pendayagunaaan Aparatur Negara (MENPAN) melakukan pendekatan baru untuk melibatkan warga dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan mengeluarkan maklumat dengan mengadopsi Citizen Charter dengan mengembangkan maklumat pelayanan yaitu perjanjian dari penyelenggara kepada pengguna tentang bagaimana pelayanan akan diselenggarakan. Puskesmas Tanggung merupakan Puskesmas yang menyelenggarakan Citizen Charter dibidang pelayanan kesehatan. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Apa isi Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar (2) Bagaimana penerapan Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar (3) Bagaimana cara perumusan Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar (4) Bagaimana kendala dalam pelayanan kesehatan mengenai Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar (5) Bagaimana upaya mengatasi kendalan dalam pelayanan kesehatan mengenai Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitiannya adalah pelaksanaan Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif melalui tiga tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh temuan sebagai berikut (1) isi dari Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar sudah sesuai dengan 5 unsur pelayanan publik menurut Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003 yaitu a) Visi dan Misi b) Standar Pelayanan c) Alur Pelayanan d)Penyampaian keluhan e) Sanksi hak dan kewajiban bagi penyedia dan pengguna layanan. (2) penerapan Citizen Charter di Puskesmas Tanggung kota Blitar dapat diketahui bahwa adanya Citizen Charter ini terdapat perkembangan yang sangat pesat tidak hanya dilihat dari segi pasien yang berobat setiap harinya di Puskesmas Tanggung tetapi dari segi alur pelayanan serta etika pelayanan petugas Puskesmas juga dapat terorganisir sangat baik dan sangat memuaskan sehingga ini dapat mempengaruhi pencapaian retribusi bagi Puskesmas sendiri. (3) cara perumusan Citizen Charter di Puskesmas Tanggung sudah memenuhi syarat perumusan Citizen Charter yang ditetapkan PSKK UGM yaitu penyelenggara dan pengguna layanan beserta pihak- pihak terkait mengadakan suatu forum untuk membuat dan menyepakati secara bersama-sama isi dari Citizen Charter yang berlaku di Puskesmas Tanggung kota Blitar. (4) kendala yang dialami Puskesmas Tanggung dalam menyelenggarakan Citizen Charter ini adalah kurangnya peralatan medis sehingga pasien dengan masalah kesehatan serius harus di rujuk ke Rumah Sakit setempat dan kurangnya tenaga medis yang menyebabkan antrian padat pada masing-masing poli. (5) upaya yang ditempuh guna mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan surat rujukan kepada pasien bila pasien membutuhkan peralatan medis yang lebih lengkap serta memberlakukan sistem shift untuk petugas puskesmas serta mengandalkan tenaga magang guna memenuhi pelayanan pada Puskesmas Tanggung kota Blitar. Berdasar penelitian tersebut peneliti dapat memberikan saran (1) Mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas kepada pengguna layanan dalam penyelenggaraan kesehatan melalui Citizen Charter sesuai dengan visi dan misi yang sudah ada (2) Mengikuti tata laksana pelayanan kesehatan yag menjadi peraturan dalam isi Citizen Charter sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan (3) Menjadikan keluhan pengguna sebagai saran dan masukan untuk memperbaiki serta mengembangkan pelayana kesehatan yang baik (4) Merekrut tanaga kerja profesional di bidang kesehatan guna untuk memenuhi pelayanan masyarakat secara baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51706 |
Actions (login required)
View Item |