Kinerja guru pendidikan kewarganegaraan bersertifikasi di SMPN Kota Malang / Dwi Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru pendidikan kewarganegaraan bersertifikasi di SMPN Kota Malang / Dwi Irawati

Irawati, Dwi (2013) Kinerja guru pendidikan kewarganegaraan bersertifikasi di SMPN Kota Malang / Dwi Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawati Dwi. 2013. Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan Bersertifikasi Di SMPN Kota Malang . Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Untari M.Si (II) Rusdianto Umar SH M.Hum Kata kunci Sertifikasi Kompetensi Profesional 12288 12288 12288 12288 Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Guru memegang kunci dalam pendidikan dan pengajaran di sekolah. Guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan siswa dalam pelaksanaan pendidikan sehari-hari.Guru yang profesional adalah guru yang mempunyai sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya yang meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial maupun kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. Kompetensi profesional pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam menguasai struktur dan mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi profesional merupakan kompetensi khas yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya. Namun guru Pendidikan Kewarganegaraan yang telah bersertifikasi di SMPN Kota Malang belum memenuhi sebagai guru profesional. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut Bagaimana kompetensi profesional yang dimiliki guru Pendidikan Kewarganegaraan yang telah berstatus sertifikasi di SMPN Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan yang telah berstatus sertifikasi di SMPN Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha menggambarkan Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan Bersertifikasi Di SMPN Kota Malang secara persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan yang berstatus sertifikasi di SMPN Kota Malang berjumlah 53 responden. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 9 responden meliputi SMPN 2 Malang SMPN 17 Malang SMPN 19 Malang SMPN 20 Malang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal waktu dan luasnya ruang lingkup penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan yang berstatus sertifikasi di SMPN Kota Malang sebagian besar belum memenuhi sebagai guru profesional. Saran yang dapat di ajukan adalah (1) Universitas Negeri Malang sebaiknya lebih meningkatkan kualitas guru dan dapat mengarahkan guru yang lebih profesional serta dapat mencetak calon guru yang berkompeten di bidangnya. (2) Guru Pendidikan Kewarganegaraan yang telah berstatus sertifikasi sebaiknya guru Pendidikan Kewarganegaraan yang bersertifikasi lebih meningkatkan kompetensi yang dimiliki terutama kompetensi profesional karena guru yang menguasai mengelola pembelajaran bahan ajar dan mengelola kelas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) Bagi Lembaga Pelaksanaan Program Sertifikasi sebaiknya lebih selektif dalam penanganan dan penjaringan guru Pendidikan Kewarganegaraan yang sertifikasi agar mendapatkan input guru yang lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51703

Actions (login required)

View Item View Item