Peran pendidikan homeschooling dalam pembentukan sikap sosial pada anak tingkat SMP di Sekolah Dolan Perum Villa Bukit Tidar Malang / Putra Aji Laras - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pendidikan homeschooling dalam pembentukan sikap sosial pada anak tingkat SMP di Sekolah Dolan Perum Villa Bukit Tidar Malang / Putra Aji Laras

Laras, Putra Aji (2013) Peran pendidikan homeschooling dalam pembentukan sikap sosial pada anak tingkat SMP di Sekolah Dolan Perum Villa Bukit Tidar Malang / Putra Aji Laras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laras Putra Aji. 2013. Peran Pendidikan Homeschooling Terhadap Pembentukan Sikap Sosial pada Anak Tingkat SMP di Sekolah Dolan Perum Villa Bukit Tidar Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Untari M.Si (II) Siti Awaliya S.Pd M.Hum. Kata kunci Homeschooling Sikap Sosial. Berlakunya seperangkat aturan yang sangat mengikat bagi peserta didik penerapan disiplin yang terlalu kaku dan suasana belajar yang terlalu formal tanpa disadari sering membebani dan memasung kreativitas peserta didik. Selain itu adanya persaingan antar peserta didik menyebabkan sebagian peserta didik merasa stres sehingga anak lebih memandang belajar sebagai kewajiban dan beban bukan sebagai kebutuhan. Di era sekarang mulai bermunculan lembaga-lembaga pendidikan alternatif salah satunya Homeschooling sebagai upaya mengatasi persoalan yang dialami oleh siswa dalam menjalani kegiatan pembelajaran adalah Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan sistem pendidikan homeschooling di sekolah dolan (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan homeschooling dalam membentuk sikap sosial pada anak di sekolah dolan (3) mendeskripsikan bentuk sikap sosial siswa di sekolah dolan dan (4) mengetahui hambatan dan upaya untuk mengatasi dalam membentuk sikap sosial pada anak di sekolah dolan. Adapun lembaga pendidikan yang dipilih oleh peneliti untuk dilakukan penelitian adalah Homeschooling Sekolah Dolan di Vila Bukit Tidar Malang. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan analisis data dengan menggunakan teknik reduksi dat data display dan verifikasi. Untuk memeriksa keabsahan data dari apa yang sudah diperoleh digunakan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian yang didapat mengenai peran pendidikan homeschooling dalam membentuk sikap sosial anak di homeschooling Sekolah Dolan adalah (1) model homeschooling yang diterapkan seperti home visit komunitas visit dan distance learnig. Homeschooling sekolah dolan dalam merancang menyusun dan mengembangkan kurikulum materi pokok/pembelajaran kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran secara bervariasi yang di sesuaikan dengan isi Standar Nasional Pendidikan (2) Peran tutor dalam membentuk sikap sosial anak adalah sebagai fasilitator dan membimbing siswa. Peran tutor sebagai fasilitator yaitu (a) memfasilitasi masalah gaya belajar anak (b) sosialisasi anak dengan masyarakat serta (c) interaksi antar teman. Peran tutor sebagai pembimbing yaitu (a) Membimbing materi (b) Membimbing kepribadian (c) Membina sikap sosial. Peran yang dapat ditunjukan oleh orang tua yaitu (a) menanamkan sejak dini pendidikan agama (b) menanamkan nilai-nilai moral dan (c) memberi kebebasan serta kepercayaan pada anak untuk bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri serta dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang tua teman atau orang lain. (3) siswa sekolah dolan mampu mengembangkan perilaku-perilaku sosialnya seperti interaksi dan sosialisasi dengan teman atau orang lain berkat arahan dan bimbingan tutor dan orang tua yang di dukung oleh sistem pendidikan homeschooling. (4) faktor-faktor penghambat dan pendukung adalah keluarga lingkungan dan diri sendiri. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah (1) pihak homeschooling sekolah dolan harus meningkat mutu siswa dengan memperbaiki pengelolahan sistem pengajaran di sekolah dolan (2) selalu melibatkan anak-anak dalam setiap kegiatan masyarakat agar menambah pengalaman dan mengembangakan perilaku sosial anak. (3) peran orang tua dalam mendidik anak mengontrol anak dalam berinteraksi dengan masyarakat di sekolah dolan maupun di lingkungan rumah harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51700

Actions (login required)

View Item View Item