Kemampuan guru pendidikan kewarganegaraan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sempu kabupaten Banyuwangi Bayu Indra Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan guru pendidikan kewarganegaraan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sempu kabupaten Banyuwangi Bayu Indra Permana

Permana, Bayu Indra (2013) Kemampuan guru pendidikan kewarganegaraan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sempu kabupaten Banyuwangi Bayu Indra Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indra Permana Bayu. 2013. Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Yang Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al-Hakim M.Si. (II) Drs. KT. Diara Astawa S. H M. Si Kata kunci Guru PKn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Nilai Pendidikan Karakter Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia dikarenakan guru memiliki peran dalam mendidik peserta didik agar menjadi pribadi yang baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Dalam melaksanakan tugas tersebut haruslah diimbangi dengan tingkat kemampuan atau profesionalitas yang tinggi dalam melaksanakan semua kegiatan yang dilakukan baik kegiatan yang dilakukan dalam sekolah maupun diluar sekolah salah satunya yaitu dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebaiknya dibuat dengan mempertimbangkan aspek dari peserta didik maupun dari aspek-aspek yang lain tidak serta merta membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan cara mengkopi dari guru lain atau bahkan mengunduhnya dari internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wawasan guru mengenai pendidikan karakter kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter kendala-kendala yang dialami guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya kendala tersebut serta upaya yang dilakukan guru PKn untuk mengatasi kendala dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian studi kasus. Urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengumpulan data (4) analisis data(5) pelaporan data. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan yang ada di SMP Negeri 1 Sempu masih belum mengerti betul mengenai pendidikan karakter serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya serta dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter mereka juga masih belum paham mengenai prinsip penyusunan RPP yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter secara baik dan benar akan tetapi mereka mempunyai rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter yang didapat dari suatu buku LKS Pendidikan Kewarganegaraan. ii Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar dalam suatu penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru hendaknya dibuat sendiri dengan memperhatikan aspek-aspek dari peserta didik sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51690

Actions (login required)

View Item View Item