Abdul Haris, Ibnu (2017) Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN 3 Malang / Ibnu Abdul Haris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Haris Ibnu Abdul. 2016.PengaruhMetodePembelajaranTerhadapHasilBelajarKeterampilanPassingSepakbolaPesertaEkstrakurikulerSepakbola MAN 3 Malang. Skripsi PendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd. (II) Drs. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci metodebermain metodelatihan keterampilanpassing ekstrakurikuler Metodepembelajaranadalahcara yang digunakanuntukmengimplementasikanrencana yang sudahdisusundalamkegiatannyata agar tujuan yang diinginkantercapaisecara optimal. Metodedalampembelajaranbertujuanmelaksanakansuatucarapenyampaiandalam proses pembelajaran agar siswamemahami yang akandipelajarisesuaidengantujuanpembelajaran. Penggunaanmetodepembelajaran yang berbedamemberikandampak yang berbeda pula termasukuntukhasilbelajarketerampilanpassing.Salah satumetode yang seringdigunakanuntukpeningkatanketerampilanpassingyaitumetodelatihandanmetodebermain. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhantarametodelatihandanmetodebermaintehadaphasilbelajarketerampilanpassingsepakbolapesertaekstrakurikulersepakbola MAN 3 Malang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.Sampel yang digunakanadalahpesertaekstrakurikulersepakbola MAN 3 Malang denganjumlah 20 orang.Kemudiansampelpenelitianinidibagimenjadi 2 kelompokyaitukelompokeksperimendankelompokkontrol yang masing-masingberanggotakan 10 orang.Latihandilakukan 2 kali dalamsemingguselama 16 kali pertemuandan 2x tesyaitupretestdanposttest.Analisis data daripenelitianinimenggunakanteknikanalisisvariansatujalur. Dari hasilpengujianhipotesisdenganmenggunakanuji F padatarafsignifikansi 0 05 diperolehhasilhipotesis 1) F hitungsebesar 14 04 F tabel 4 38 untukmetodebermain untukhasilhipotesis 2)dengan F hitungsebesar 16 75 F tabel 4 38 untukmetodelatihan danhasilhipotesis 3)selisihmasing-masingkelompokmetodediperoleh F hitung 0 21 F tabel 4 38. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehkesimpulanyaknitidakterdapatperbedaan yang signifikanantarametodebermaindanmetodelatihan walaupunmasing-masinglatihanmemberikanpengaruhterhadaphasilbelajarketerampilanpassing. Saran yang dapatdiberikanpenelitikepadapelatihekstrakurikulersepakbola MAN 3 Malang sebaiknyamenggunakanmetodebermainsebagaibentukpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingsepakbola.Variasipembelajaran yang variatifakanberpengaruhjugauntukmeningkatkanketerampilanfisikdanteknikdasarsepertiketerampilanpassingtanpamenimbulkankejenuhankepadapesertaekstrakurikulersepakbola MAN 3 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50349 |
Actions (login required)
View Item |