Hermawan, Anang (2013) Upaya meningkatkan keterampilan footwork (langkah kaki) bulutangkis menggunakan bentuk latihan footwork yang bervariasi untuk sisiwa ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 3 Malang / Anang Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hermawan Anang. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Footwork (Langkah Kaki) Bulutangkis Menggunakan Bentuk Latihan Footwork Yang Bervariasi Untuk Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lokananta Teguh HW. M.Kes. (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Footwork Bentuk Latihan yang Bervariasi 12288 12288 12288 Keterampilan footwork merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh pemain dalam permainan bulutangkis. Dengan keterampilan footwork yang baik maka seorang pemain dapat menempatkan posisi badan yang baik pula untuk memukul bola. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan di siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 3 Malang keterampilan footwork siswa masih kurang maksimal hal ini dikarenakan beberapa faktor terutama pembelajarannya yang hanya memindahkan bola dari sisi kanan ke sisi sebelah kiri lapangan saja (shuttlerun). 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan footwork melalui bentuk latihan yang bervasiasi. Penelitian yang dilakukan ialah penelitian tindakan olahraga (PTO) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan olahraga ini dilakukan melalui dua siklus satu siklus tiga kali pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi (pengamatan) dan tes keterampilan. 12288 12288 12288 Melalui bentuk latihan footwork yang bervariasi dapat meningkatkan keterampilan footwork siswa. Hal ini bisa dilihat dari persentase gerakan footwork yang benar pada siklus I dan siklus II hasilnya sebagai berikut pada siklus I pertemuan ke-1 ke-2 dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap persiapan sebesar 80% 89.29% 92 86%. tahap pelaksanaan sebesar 52% 57 14% 60 71% sedangkan tahap follow-through sebesar 44% 50% 53 57%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pertemuan ke-1 ke-2 dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap persiapan sebesar 100% 100% 100%. tahap pelaksanaan sebesar 64 29% 71 43% 85 71% sedangkan tahap follow-through sebesar 60 71% 67 86% 82 14%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan memberikan bentuk latihan yang bervariasi dapat meningkatkan keterampilan footwork siswa dalam pembelajaran footwork bulutangkis. Adapun saran yang diberikan Dari hasil penelitian ini pelatih dapat memberikan drilling-drilling kecil untuk mengasah keterampilan footwork siswa dan siswa dapat mengasah kemampuannya sendiri dirumah sesuai dengan latihan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49855 |
Actions (login required)
View Item |