Asmara, Hendra Fredy (2013) Pembelajaran outbound untuk pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini di TK Pertiwi DWP Setda Kabupaten Trenggalek / Hendra Fredy Asmara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Asmara Hendra Fredy. 2013. Pembelajaran Outbound untuk Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Pertiwi DWP SETDA Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir M.A. Dosen Pembimbing (II) Drs. Lasi Purwito M.S. Kata kunci pembelajaran outbound pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini. 12288 12288 12288 12288 Permasalahan sosial emosional anak terlihat pada keengganan bersosialisasi dengan teman sebaya akibat kebiasaan bermain sendiri dengan alat permainan canggih di era kemajuan teknologi dan kurangnya pengarahan orang tua. Oleh karena itu pembelajaran outbound difungsikan sebagai upaya preventif terhadap gejala-gejala yang menghambat perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan pembelajaran outbound pelaksanaan pembelajaran outbound serta dampak pembelajaran outbound terhadap perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini. 12288 12288 12288 12288 Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilakukan di TK Pertiwi DWP SETDA Kabupaten Trenggalek. Informan kunci penelitian ini antara lain (1) Kepala Sekolah (2) koordinator outbound (3) koordinator kelas A dan (4) koordinator kelas B. Peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk memperkuat keabsahan data. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini adalah (1) alasan penggunaan pembelajaran outbound untuk menciptakan suasana belajar sambil bermain melatih keberanian ketangkasan kognitif dan kekompakan anak dalam bekerjasama (2) pelaksanaan pembelajaran outbound dilaksanaan di halaman TK pos 1 2 3 4 dan 7 permainan individu sedangkan pos 4 dan 5 permainan kelompok diakhiri dengan refleksi kegiatan (3) dampak pembelajaran outbound terhadap perkembangan sosial emosional anak permasalahan anak cenderung pendiam kurang berinteraksi dan pasif bentuk perkembangan meliputi kerjasama saling membantu mandiri dan tanggungjawab berani percaya diri sportif disiplin. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk keperluan teoritis (1) Jurusan PLS dapat melengkapi kajian sumber dan media (2) Mahasiswa PLS dapat memperkaya wawasan melalui hasil penelitian (3) Peneliti lain perlu mengembangkan fungsi outbound untuk aspek lain. Secara praktis (1) Kepala Sekolah perlu menambah jadwal outbound (2) Koordinator sebaiknya meningkatkan keahlian melalui diklat instruktur (3) Koordinator kelas perlu tindak lanjut melalui materi di kelas dan (5) Orang tua sebaiknya diarahkan kepada kegiatan yang lebih membangun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4984 |
Actions (login required)
View Item |