Rezha, Hendra Syaiful (2013) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket dengan menggunakan metode bermain pada kelas X-D4 semester II SMA Negeri 2 Malang / Hendra Syaiful Rezha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rezha Hendra Syaiful. 2013. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bolabasket Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas X-D4 Semester II SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Mu arifin M. Pd (II) Drs. Heru Widijoto M. S. Kata Kunci metode bermain keaktifan siswa bolabasket 12288 12288 12288 12288 Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang besar terlebih lagi pada pembelajaran pendidikan jasmani yang memanfaatkan aktifitas jasmani. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang pada pembelajaran bolasbasket keaktifan siswa dalam pembelajaran masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor terutama metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket dengan menggunakan metode bermain pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket dengan menggunakan metode bermain pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang dalam 2 siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I keaktifan siswa dalam merespon instruksi guru mencapai 37.91% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 78.75%. Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran bolabasket pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil peneilitian ini adalah guru dapat menggunakan pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49835 |
Actions (login required)
View Item |