Munir, Misbakhul (2013) Upaya meningkatkan psikomotor pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan metode bermain lompat melewati rintangan pada siswa kelas X akuntansi di SMK NU Bululawang Kabupaten Malang / Misbakhul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Peningkatan Psikomotor Lompat Jauh Gaya Menggantung Metode Bermain Lompat Melewati Rintangan. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas X Akutansi di SMK NU Bululawang Kab Malang dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati seperti awalan tumpuan saat melayang dan saat mendarat persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik awalan sebanyak 52 56% tumpuan sebanyak 50% melayang sebanyak 57 69% dan mendarat sebanyak 66 35%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan penerapan metode bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif dalam menerima pelajaran agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik maka unsur-unsur bermain harus diperhatikan karena unsur yang terkandung dalam permainan adalah kegembiraan dan keceriaan. Pembelajaran yang penuh dengan suasana keriangan dan kegembiraan dengan berbagai macam variasi gerak memungkinkan anak untuk menikmati seperti layaknya pada olahraga lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akutansi di SMK NU Bululawang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi tes keterampilan catatan lapangan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I dari teknik awalan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan sebanyak 67 95% dari teknik tumpuan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 67 95% dari teknik melayang yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 62 82% dari tenik mendarat yang benar sudah dilakukan persentase keberhasilan 68 26% Dari hasil tersebut menunjukan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir penerapan. Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung dengan masing-masing persentase keberhasilan dari teknik awalan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan sebanyak 93 71% dari teknik tumpuan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 95 11% dari teknik melayang yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 83 34% dari tenik mendarat yang benar sudah dilakukan persentase keberhasilan 92 4%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan metode bermain lompat melewati rintangan dapat meningkatkan psikomotor (keterampilan) lompat jauh gaya menggantung siswa kelas X Akutansi di SMK NU Bululawang Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani agar dapat menggunakan metode bermain untuk meningkatkan psikomotor (keterampilan) lompat jauh gaya menggantung. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49824 |
Actions (login required)
View Item |