Priyatama, Harvian Ade Putra (2013) Pembelajaran passing bawah bolavoli dengan metode bermain kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Harvian Ade Putra Priyatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran PassingBawahBolavoli MetodeBermain Passingbawahmerupakanteknikdasardalampermainanbolavoli yang harusdikuasaibenar-benardenganbaik tanpamenguasaiteknikpassingbawahdenganbenar permainanbolavolitidakakanberjalandenganlancar teknik-tekniklainnyatidakakandapatdigunakandengansempurnasehinggapermainanmenjadikurangmenarik. Berdasarkanhasilpengamatandanpengalaman yang diperolehpenelitiketikamelaksanakanPraktikPengalamanLapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Malang tahunajaran 2011/2012 daripermainanbolavoli siswaseringmelakukankesalahandalammelakukanteknikdasarpassingbawahbolavoli yang meliputiposisi kaki posisitangan posisibadan impact bola danarah bola hasilayunantangan. Tingkat kegagalan yang memilikipersentase paling tinggipadaaspekimpactatauperkenaan bola denganpersentase 65%. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmemperbaikidanmeningkatkanketerampilantentangteknikdasarpassingbawahbolavolidenganmetodebermain. Permainaninimenggunakan 10 model permainan yang secaraumumbertujuanuntukmemperbaikiimpact passingbawahbolavoli yang menjaditingkatkegagalantertinggidalampenelitianini.Penggunaanmetodebermainbertujuan agar siswalebihtertarikdanlebihaktif sehinggasiswatidakmerasabosandalammengikutipembelajaranpendidikanjasmani khususnyapadamateripassingbawahbolavoli.Penelitidanguru pendidikanjasmaniberkolaborasidalammenyusun RPP pembelajaran.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IPA 4SMA Negeri 1 Malangtahunajaran 2012/2013. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulan data yang dilakukanadalahdenganmenggunakaninstrumenlembarobservasi yang berupakolomuntukmemberikanpenilaiandenganmemberikanangka 1 untukgerakan yang benardan 0 untukgerakan yang salahdantidakdilakukan catatanlapangan danhasildokumentasisehinggamempermudahdalam proses pengambilan data. Penelitianiniterdiridari 2 siklus masing-masingsiklusterdiridari 3 pertemuan.Hasilpenelitianiniadalahterjadiperbaikandanpeningkatanpadaaspekimpactatauperkenaan bola setelahpemberianmetodebermainpada proses pembelajaran. Hasilsiklus 1 menunjukkantingkatkeberhasilanpadaaspekimpactatauperkenaan bola sampaipadapertemuan ke-3 mencapai 71 25% danhasilsiklus 2 sampaipadapertemuanterakhirmengalamipeningkatansebesar 20% yaitumencapai91 25%. Disarankanpenguasaandaribeberapaindikatorketerampilangerakanpassingbawahbolavolidiantaranyaposisi kaki posisitangan posisibadan impact bola danarah bola dapatdilatihmenggunakanberbagaimacampolalatihan yang bervariasidalamkegiatanpembelajaransehinggaketerampilangerakanpassingbawahbolavolidapatdilakukandengansebaikmungkin. Model permainan yang digunakanolehpenelitimampumemperbaikidanmeningkatkanketerampilanpassingbawahbolavoli sehinggapermainantersebutdapatdijadikanacuanataureferensibagi guru pendidikanjasmanipadasiswa yang kesulitandalammelakukanpassingbawahbolavoli khususnyapadaimpactatauperkenaan bola.Pembelajaranpendidikanjasmanidisarankandilakukansecarabervariasidanmenarik sehinggasiswadapatmengikutikegiatanpembelajarandenganbersemangatdanantusiasuntukmendapatkanhasilpembelajaran yang maksimalsertasesuaidenganapa yang diharapkan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49788 |
Actions (login required)
View Item |