Aisyah, Rossa (2013) Profil dan kebutuhan belajar jamaah pengajian rutin ahad pagi masjid At-Taqwa Batu / Rossa Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kebutuhan belajar pengajian rutin ahad pagi pendidikan luar sekolah Masjid At-Taqwa Batu selain berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim juga merupakan tempat pembelajaran masyarakat sekitar masjid untuk menimba ilmu agama salah satunya Pengajian Rutin Ahad Pagi. Pengajian termasuk dalam penerapan pendidikan nonformal dan informal karena merupakan kegiatan pendidikan di luar sistem persekolahan yang diselenggarakan secara terorganisir bertujuan untuk melayani kebutuhan belajar khusus (ilmu agama) para peserta didik (jamaah). Jamaah akan berpartisipasi aktif jika penyelenggara mengangkat topik pengajian yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Masalah yang diteliti yaitu (1) Bagaimana profil atau karakteristik pribadi jamaah dalam pengajian rutin ahad pagi Masjid At-Taqwa Batu (2) Apa alasan jamaah menghadiri pengajian (3) Bagaimana gambaran keaktifan dan konsentrasi jamaah (4) Kebutuhan belajar apa yang ingin mereka penuhi dengan hadir dalam pengajian rutin ahad pagi Masjid At-Taqwa Batu. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif deskriptif pemilihan pendekatan kuantitatif deskriptif dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemudian temuan yang ada dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase. Diketahui bahwa Profil/karakteristik pribadi jamaah 76% berusia lebih dari 35 tahun 61% perempuan 30% bekerja sebagai pedagang atau pewiraswasta 71% telah menikah 44% pendidikan terakhir SMA 64% berkemampuan sedang dalam membaca Al-Quran 59% berkemampuan sedang dalam menghafal Al-Quran dan 37% tingkat rutinitas membaca Al-Quran rendah. Alasan jamaah menghadiri pengajian yang dominan adalah berdasar pada aspek religius dan psikologis dengan tingkat keaktifan dan konsentrasi yang tinggi saat mengikuti pengajian. Selain itu penelitian ini menghasilkan analisis prioritas kebutuhan belajar jamaah pengajian. Berdasarkan hasil analisis temuan penelitian diharapkan bagi penyeleng-gara metode yang digunakan dalam penyampaian materi atau topik pengajian yang tepat yaitu metode pendidikan orang dewasa keaktifan jamaah yang rendah pada pemberian umpan balik saat sesi tanya jawab dapat di antisipasi dengan memberikan reward atau hadiah kepada jamaah yang bertanya. Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau literatur tambahan dalam pengembangan materi mata kuliah Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Masyarakat serta bagi peneliti lanjutan Penelitian ini akan lebih menarik dan memperoleh makna yang dalam apabila dilanjutkan dengan penelitian dengan desain kualitatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4974 |
Actions (login required)
View Item |